Gubernur Kaltim Tinjau Penangkaran Rusa di Desa Api-api

PENAJAM (NK) – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meninjau langsung UPTD pembibitan ternak dan hijauan pakan ternak penangkaran rusa yang terletak di desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kamis (14/10/2021). Dalam kunjungannya, orang nomor satu di Kaltim itu didampingi oleh Plt. Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten PPU Muliadi beserta Dinas terkait.

Disela-sela peninjauan tersebut, Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan bahwa UPTD pembibitan ternak dan hijauan pakan ternak yang berada di Penangkaran rusa potensinya sangat baik. Penangkaran rusa yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pembibitan dan Balai Inseminasi Buatan (UPTD BPIB) Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tersebut harus bisa dikelola secara maksimal.

” Pengembangan rusa sambar ini potensinya sangat baik. Manfaatnya juga luar biasa salah satunya ketika tanduk mudanya dijadikan kapsul herbal untuk kesehatan manusia, ” terangnya.

Seperti diketahui lokasi penangkaran rusa ini berjarak sekitar 32 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan darat dari Ibukota kabupaten PPU ke arah Tanah Grogot. Penangkaran rusa dibangun pada 1991 atas inisiatif Gubernur Kalimantan Timur pada masa tersebut (Alm) H.M Ardans, karena perihatin dengan perburuan rusa di alam bebas.

Awalnya penangkaran rusa dibangun dengan 23 ekor rusa yang diambil dari alam bebas.Kini penangkaran rusa Penajam menjadi tempat tinggal bagi ratusan ekor rusa jenis Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei). Penangkaran rusa Penajam memilki luas 50 hektar dan berada pada ketinggian 5 hingga 80 meter di atas permukaan laut.

Sebelum meninjau penangkaran rusa, Isran Noor dan rombongan juga melakukan peninjauan Balai Benih Udang yang berada di Tanjung Tengah Kecamatan Penajam. Rombongan Gubernur Kaltim melanjutkan perjalanan Dinas ke Kabupaten Paser. Rencananya Gubernur keesokkan harinya akan meninjau lokasi wisata Gunung Embun di Kabupaten itu. (Advertorial/NK2)