Hamdam Serahkan 821 BPJS PBI APBD Pada Warga Babulu Laut


PENAJAM (NK) – Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), H Hamdam dalam kunjungan kerja ke Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Selasa (16/7/2019), menyerahkan secara simbolis 821 keping Kartu BPJS tahap tiga, program Kesehatan Gratis Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) APBD PPU untuk masyarakat Babulu Laut yang diterima Kepala Desa Babulu Laut, Sahudi.

Kegiatan Wabup di desa tersebut didampingin Camat Babulu, Margono Hadisusanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) PPU, Dul Azis, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Suyanto, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Wayong, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Surito Widari, sejumlah perangkat desa dan undangan lainnya di Babulu Laut.

Penyerahan kartu BPJS PBI APBD yang dilakukan oleh wabup tersebut disampaikan sebelum Hamdam mnyampaikan sambutan berkaitan kunjungan kerjanya.

Pada kesempatan itu, Hamdam mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan dan menjamin tak ada lagi warga PPU yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah.

Selain kesehatan gratis, lanjutnya, pemeritah juga memberika subsidi berupa bantuan kepada anak-anak yang akan masuk sekolah dari tingkat TK, SD dan SMP sederajat berupa perlengkapan sekola seperti baju seragam, sepatu, tas dan buku, namun bagi siswa swasta serta siswa SMA, SMK dan Aliyah belum bisa diberikan subsidi seperti yang disebutkan karena sekolah tersebut menjadi kewenangan pemerintah provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Meski demikian untuk tahun depan kami (Pemkab) tetap akan memikirkannya, dengan persyaratan bagi pemilik sekolah swasta, SMA, SMK dan Aliyah agar membuat permohonan sesuai yang dibutuhkan murid,”jelasnya.

Terkait infrastruktur, katanya, secara umum desa Babulu Laut patut berbangga dan berbahagia karena unsur pimpinan di DPRD, ke tiga-tiganya berasal dari Dapil Waru-Babulu. Oleh karena itu, jika kedepan desa Babulu Laut ini tidak maju pembangunannya, Hamdam mengatakan sungguh terlalu.

“Insya Allah dalam waktu dekat Desa Babulu Laut akan segera menikmati air bersih,”tukasnya.

Sementara itu, Suryansyah warga RT 11 Desa Babulu Laut, meminta kepada Wakil Bupati PPU agar ada pengawasan terhadap sejumlah proyek, maupun kegiatan pembangunan fisik yang ada di desa Baulu Laut, karena menurutnya, setiap kegiatan pembangunan di desanya terkesan kurang pengawasan dan tidak transparan.

“Kami juga meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengelolaan uang negara yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat harus terkontrol, transparan dan tiap tiap kegiatan proyek, pelaksananya harus menunjukkan plang nama proyeknya yang memuat skema pembiayaannya agar seluruh warga desa mengetahui berapa besaran nilai yang dihabiskan oleh sebuah proyek dan siap pelaksananya,”pungkasnya.(humas8/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.