Hamdan : Jadikan Momen Berkurban Untuk Mengedepankan Orang Lain Daripada Diri Kita Sendiri

PENAJAM (NK) – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam melaksanakan sholat Iduladha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah di Masjid Agung Al Ikhlas Nipah-Nipah, Minggu (10/07/2022). Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) PPU Nasruddin Komandan Kodim (Dandim) 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi, juga tokoh agama, tokoh adat, serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati PPU Hamdam mengatakan Iduladha merupakan hari raya yang dirayakan seluruh umat Islam, didalamnya terkandung nilai kepatuhan dan keikhlasan saat menjalankan perintah Allah SWT.

” Keteladanan spirit pengorbanan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS menjadi salah satu momen terbesar untuk diikuti oleh umat Islam, dimana dalam menjalankan perintah Sang Pencipta, manusia harus ikhlas merelakan apapun yang paling berharga dalam hidupnya, termasuk anak terkasih-Nya Ismail, “ucap Hamdam.

Lanjut Hamdam mengatakan semangat berkurban inilah yang semoga mampu diresapi oleh seluruh umat Islam di Penajam Paser Utara, karena hakekat berkurban adalah kita mampu mengedepankan orang lain dari pada diri kita sendiri dan itulah inti dari esensi ajaran agama Islam.

” Semangat pengorbanan telah menjadi sebuah urgensi, karena banyak persoalan bangsa kita muncul akibat lemahnya spirit untuk berkorban bagi orang lain dan spirit untuk berkorban bagi sesama. Bahkan, yang lebih menonjol dalam kehidupan saat ini adalah semangat menang sendiri, berkuasa sendiri serta semangat untuk tidak menghiraukan penderitaan sesama, “ungkapnya.

Plt. Bupati PPU mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk menyongsong hari depan yang lebih cerah,seiring dengan pembangunan Ibukota Negara Baru Nusantara di belahan bumi Benuo taka, untuk bersama-sama bekerja keras, mengorbankan tenaga, pikiran dan mungkin juga harta yang kita miliki demi tercapainya kesejahteraan bersama.

” Hindari sifat menunggu dan berpangku tangan atau bahkan mengorbankan orang lain demi kepentingan individu dan golongan, sehingga tercipta keseimbangan dalam kehidupan yang harmonis dalam tatanan masyarakat. Utamakanlah melaksanakan kewajiban, ketimbang terlalu banyak menuntut hak, dengan demikian Kabupaten Penajam Paser Utara akan lebih maju karena semua warganya sudah berpartisipasi maksimal dalam melaksanakan dan mensukseskan program pembangunan, “tuturnya.

Di akhir sambutan Hamdam kembali mengajak kepada kita semua untuk bermunajat kehadirat Allah SWT, untuk keselamatan Bangsa dan Negara kita, juga keselamatan untuk saudara-saudara kita yang saat ini berada di tanah suci tengah menunaikan ibadah haji, kondisi kesehatannya selalu baik dan hajinya diterima oleh Allah SWT dengan predikat menjadi haji mabrur.

” Sementara untuk saudara-saudara kita yang saat inisedang tertimpa musibah, mari kita berdoa dan bermunajat kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, agar mereka selalu diberikan kekuatan lahir dan bathin dalam menerima ujian dari Allah SWT,” pungkasnya (DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)