HUT PPU Ke 17 Tahun Digelar Tanpa Anggaran Khusus

H. Tohar

Tiadakan Pameran Pembangunan, Hanya Gelar Prodak UKM

PENAJAM (NK) – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ke 17 tahun 2019, Pemkab tidak mengalokasi anggaran secara spesifik atau khusus. Demikian dikatakan, Sekda PPU, H. Tohar kepada awak media, Kamis (14/02/2019).

“HUT PPU tidak ada anggarannya dan  kita sudah sekian tahun kita tidak pernah secara spesifik mengalokasi anggaran itu untuk perayaan HUT. Termasuk anggaran upacara nilainya seperti biasa paling untuk sewa tenda dan konsumsi itu saja. Tentu dengan mengundang sejumlah tamu untuk hadir,”katanya.

Terkait dengan persiapan HUT PPU tersebut, jelasnya, hingga kini Pemkab bersama instansi terkait lainnya telah dua kali menggelar rapat dalam rangka dalam rangka konsolidasi, rapat pertama dilakukan untuk brainstorming atau untuk memunculkan ide dari peserta rapat apa saja kegiatan yang kelak dilaksanakan guna memeriahkan HUT tadi.

“Sedangkan rapat kedua sudah masuk tahapan identifikasi, siapa bertanggung jawab dengan apa.  Tadi  sudah kita identifikasi kegiatannya kedepan. Dimana  kegiatan inti Ada dua yakni pertama  upacara dan rapat paripurna istimewa,”tambahnya.

Sedangkan kegiatan apa yang menyertai dari kegiatan inti itu, lanjut Tohar, salah satunya adalah kegiatan gelar prodak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi ranah dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperinda), kemudian untuk mengisi keseharian gelar itu,  maka program pembinaan seni dan budaya akan memberikan kontribusi terkait dengan selaras program SKPD nya.

Puncak HUT PPU nantinya kita akan besinergi dengan kawan-kawan dari Polres PPU yang juga akan mensosialisasi Milenial Road Safety Festival (MRSF). Dimana mereka akan menghadirkan kurang lebih 7 ribu orang. Program itu jelas kami support dan dalam rangka bersinergi,”katanya.

Ia menuturkan, untuk hiburan rakyat hingga saat ini belum ada programnnya, tetapi tidak tahu sampai hari H nya, nanti mudah-mudahan ada sponsorship untuk menggelar hiburan itu. Begitu pula dengan rencana Polres yang akan menghadirkan mengundang massa cukup banyak dan itu tidak gampang, minimal ada perangsang itu seperti menghadirkan artis local asal PPU yang pernah menjadi peserta KDI.

Selain itu, jelasnya, nanti dari hari ke hari sampai puncaknya pada 17 Maret 2019 akan diisi Dinas Pariwisata berupa beberapa lomba, sehingga tidak akan pernah sepi sampai hari H nanti. Rencana kegiatan dilaksanakan dari 12 hingga 17 Maret 2019.

“HUT PPU kali ini tidak mengagendakan pameran pembangunan, namun bakal dilaksanakan gelar produk UKM dengan mengundang para pelaku usaha untuk bias mengisinya. Kita rencananya akan mendirikan panggung inti dari depan Gor atau Dom hingga jalur dua depan RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.