Jaga Keutuhan NKRI, Kodim PPU Gelar Komsos

PENAJAM (NK) – Mempererat serta menjaga tali silaturahmi antara prajurit dengan masyarakat, Kodim 0913/PPU yang bermarkas di Km 09 Kelurahan Nipah-Nipah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (03/11/2020), melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama komponen bangsa lainnya dengan mengusung tema,”Menjaga Keutuhan Dan Kemajuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI”.

Kasdim 0913/PPU Mayor Czi Jumani saat membuka acara tersebut menyampaikan, kegiatan Komsos dengan komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan Kodim 0913/PPU di Triwulan IV TA 2020 ini sengaja diadakan agar semua dapat bekerjasama antar sesama.

“Momen ini sebagai upaya kita berikan pemahaman Komsos TNI dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara guna memelihara dan meningkatkan kekuatan hubungan TNI dengan Rakyat,” ujar Kasdim dikutip dari rilis Penrem 091/ASN.

Terkait Pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19, lanjutnya, Dandim telah mengajak seluruh komponen masyarakat ikut bergerak mendispilinkan Protokol Kesehatan (Prokes), guna memutus mata rantai penyebaran virus yang semakin mewabah saat ini.

“Sejak awal adanya Covid-19, kita sudah lakukan berbagai upaya pendisiplinan Prokes seperti patroli dan sosialisasi-sosialisasi. Meskipun begitu, peranan seluruh Komponen masyarakat juga sangat besar,” ungkap Mayor Czi Jumani.

Sementara itu Kapten Inf Martono selaku Pjs Pasiter mengungkapkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan hubungan antara Prajurit TNI – AD dengan komponen bangsa lainnya, termasuk ormas yang lebih harmonis.

“Serta menumbuhkan kesadaran bela Negara bagi komponen bangsa lainnya, guna mendukung tugas Pokok TNI AD dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Adapun dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh, Ormas Banser NU Jaini, Satpol PP Shodiq ,BPBD Ricki ,PC Ansor M Ansori, Relawan PPU Zainal,Tomas Abdulah Rahman,Toga Penajam H Ashari, Gepak Rusfendi, Ketua Gasak libas Zaini Lonta, Entero Shandy, Komunitas Pecinta Alam PPU Siswahyu, Perisai adat Borneo Ahmad J, Relawan Penajam Paser Utara Ketua Imam Hanafi, ORARI Sujianto dan Baladika Mulawarman Bakri. (*/nav)