Hiburan

Jangan Asal Pilih Ban, Begini Cara Memilih Ban Yang Benar

Contoh beberapa jenis ban

OTOMOTIF(NK)- Ban merupakan komponen penting untuk kendaraan kita. Penting mengetahui bagaimana cara memilih ban yang baik untuk pemakaian kita sehari-hari sesuai dengan Groove atau lebih dikenal dengan alur. Kurangnya pengetahuan akan membuat kita asal dalam memilih ban, padahal alur itu banyak motifnya. Jumat, (14/10/2016)

Di kutip dari otomania.com, Zulpata Zainal Proving Ground Brigstone Tire Indonesia menjelaskan pemilihan groove harus sesuai dengan peruntukannya, karena alur pada tapak ban itu ada banyak.

Jangan asal pilih, groove ban ada lima dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing walaupun di buat dari material yang sama,”ucap Zulpata.

Menurut Zulpata, jika ingin mengganti ban,penting memperhatikan jenis alurnya, jangan hanya tergiur dengan bentuk dan mereknya saja. Harus melihat dari sisi pengguanaanya juga.

Kelima pola pada ban adalah sebagai berikut.

  1. Rib

    Jenis alur berada pada seluruh tapak ban, pola jenis memiliki daya tahan yang tinggi terhapad keausan sehingga lebih awet. Ban ini cocok untuk kecepatan tinggi dan memiliki stabilitas yang bagus. Namun dalam hal traksi saat pengereman kurang optimal. Biasanya ban ini digunakan oleh kendaraan niaga.

2.Lug

   Jika di lihat polanya seperti memotong lingkaran ban, alur semacam ini cocok untuk traksi dan pengereman. Namun, jika di bawa dengan kecepatan tinggi akan menimbulkan suara bising dan getaran. Poin plusnya lagi jenis ban seperti ini memiliki daya cengkram yang kuat pada putaran ban.

  1. Rib-Lug

    Paduan jenis alur ini menghasilkan performa gabungan yang baik, sehingga ban dapat di gunakan di segala medan seperti aspal, bebatuan, dan berlumpur.

  1. Block

    Jenis seperti ini sangat mudah dikenali dari bentuknya yang seperti block-block kecil, baik beralur dalam atau dangkal. Alur dalam digunakan untuk kendaraan off-road karena menancap dalam di lumpur dan memberikan dorongan traksi pada ban, sedang yang beralur dangkal banyak di jumpai pada kendaraan penumpang sehari-hari karena cukup nyaman di gunakan untuk berkendara. Jeleknya ban jenis ini mudah aus sehingga tidak awet.

  1. Menyilang

    Jenis alur ini tidak rata karena menyilang, kelebihannya ban dengan alur ini sangan baik di gunakan pada saat jalan basah atau hujan karena memiliki daya cengkram yang baik untuk pengereman.(Red/Dimas/Otomania.com)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top