EdukasiHukrimKaltim

Jelang Natal, 24 WBP Rutan Samarinda Diusulkan dapat Remisi

SAMARINDA (NK) – Sebanyak 24 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Samarinda mendapatkan usulan remisi khusus. Itu jelang hari perayaan Keagamaan Umat Kristiani Tahun 2022.

Kepala Rutan Samarinda, Jul Herry Siburian mengatakan, usulan pemberian remisi dibagi menjadi dua kategori. Yakni remisi khusus (RK) I yang dikurangi masa tahanannya dan remisi khusus (RK) II atau langsung bebas.

“Kami mengusulkan sebanyak 24 orang untuk mendapatkan remisi atau pengurangan masa pidana dalam rangka peringatan hari besar keagamaan Umat Kristiani yang jatuh pada 25 Desember 2022,” kata Jul Herry, Sabtu (24/12/2022)

Menurut pria ramah tersebut, remisi merupakan hak narapidana yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif, sesuai peraturan undang-undang. Di samping hak, juga ada kewajiban satu di antaranya mengikuti pembinaan di Rutan. Mulai pembinaan kepribadian dan keagamaan.

Jul Herry menambahkan, setiap perayaan hari besar keagamaan, pemerintah memberikan pengurangan hukuman pada narapidana dan anak pidana sebagaimana diamanatkan pada UU Nomor 22 Tahun 2022.

“Yang pelaksanaanya diatur oleh PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan,” ungkapnya.

Pemberian Remisi tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan keimanan dan motivasi narapidana. “Agar menjadi manusia yang lebih baik lagi,” kuncinya. (red/nk)