Dampak IKN Pengunjung Pasar Kebun Sayur Balikpapan Naik 75 Persen

BALIKPAPAN (NK) – Keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sangat berdampak bagi sektor perekonomian, salah satunya terjadi peningkatan pengunjung pasar inpres kebun sayur di Kota Balikpapan mencapai 75 persen.

“IKN merupakan suatu berkah khususnya bagi Kota Balikpapan, sekaligus dapat menghadirkan dampak positif bagi para pelaku usaha pasar inpres Kebun Sayur dengan meningkatnya pengunjung pasar hingga 75 persen,” terang Pengelola UPTD wilayah I Pasar Inpres Kebun Sayur Kota Balikpapan, Cica Eadji, kepada media ini,  Kamis (22/12/2022).

Kemudian, sebagai pengelola Pasar Inpres Kebun Sayur sejatinya tengah melakukan kesiapan dan mulai berbenah guna mempromosikan barang-barang produk Kota Balikpapan, dengan membangun UMKM dalam waktu dekat.

“Kami mempromosikan barang-barang khas Kalimantan Timur umumnya, khususnya Kota Balikpapan seperti permata, batu-batu, souvenir-souvenir yang berciri khas Kalimantan Timur dan Kalimantan pada umumnya,” ujarnya.

Dengan hadirnya IKN, Cica mengaku tantangan bagi pengelola Pasar inpres Kebun Sayur salah satunya yakni dengan masuknya produk-produk dari luar yang diperkirakan memiliki kualitas lebih baik.

“Dengan adanya IKN, kami sebagai pengelola Pasar tetap berusaha untuk meningkatkan dan menampilkan produk-produk lokal yang nantinya sama bagusnya dengan produk yang dari luar,” ungkapnya.

Selain itu, Adanya perpindahan IKN ke Kaltim, persentase pengunjung pasar Kebun Sayur meningkat hingga 75% ketimbang sebelumnya, dan secara ekonomi hal ini juga berdampak lebih meningkatkan penghasilan bagi para pedagang.

“Sebagai pengelola kami mempunyai harapan kepada Pemerintah Daerah dan Badan Otorita IKN, untuk lebih memperhatikan penataan pasar dan bangunan yang ada di Pasar Inpres Kebun Sayur, karena Pasar ini merupakan salah satu ikon Balikpapan yang menjual souvenir atau pernak-pernik khas Kalimantan,” harapnya.

Cica menambahkan, Dampak positif dari IKN yang dirasakan yaitu meningkatnya perekonomian dan jual beli di pasar inpres Kebun Sayur. Pengunjung ke Pasar Inpres Kebun Sayur semakin meningkat baik itu wisatawan dari daerah, maupun luar daerah, bahkan hingga mancanegara, baik itu masyarakat biasa maupun pejabat daerah atau pejabat negara.

“Pengelola Pasar Inpres Kebun Sayur selalu mendukung agar pembangunan IKN terealisasi dan berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat,” pungkasnya (Bah/NK)