HEADLINE

Jelang Tahun Baru, Polsek Waru Beri Sosialisasi ke Warga

Kapolsek Waru AKP Juhari saat memberikas sosialisasi kepada warga di Kecamatan Waru, PPU

PENAJAM(NK)-Kepedulian akan keselamatan pengendara dalam berlalu lintas, menjelang akhir tahun 2016, Kapolsek Waru AKP Juhari beserta jajaran Polsek waru, memberikan sosialisasi terkait aturan berlalu lintas kepada masyarakat.

Dirinya mengatakan, bagi masyarakat penguna jalan, yang melintasi jalan Kabupaten Penajam Paser Utara, mengingat aktifitas di jalan menjelang akhir tahun 2016 semakin meningkat, khususnya jalan utama PPU-Paser-perbatasan Kalimantan Selatan, keselamatan merupakan kebutuhan kita bersama.

“Sebelum mengemudi baik roda 2 dan roda 4, ada baiknya memastikan kondisi fiisik, baik dan tidak terganggu, mungkin sakit, atau kurang tidur, selain itu juga lakukan pengecekan kondisi kendaraan, ban, rem, oli, serta surat-surat, dan perlengkapan Lainya,”ujarnya Jum’at (30/12/2016).

Dirinya menambahkan, perlengkapi diri dengan perlengkapan berkendara, seperti helm, dan memperhatikan kecepatan berkendara, hendaklah menyesuaikan dengan kondisi jalan, saat kondisi hujan, licin, tikungan, jalan berlobang, maupun muatan jangan berlebih.

Sesuaikan kecepatan, saat dalam kota, masuk perkampungan yang padat penduduk, sebaiknya memacu kendaraan dengan kecepatan paling maksimal 40 km/jam dan maksimal kecepatan ketika berkendara keluar kota paling maksimal adalah 60 km/jam,”tambahnya.

DIrinya juga menghimbau, bagi pengendara untuk lebih memperhatikan keamanan saat berkendara, dan untuk yang hendak memutar arah, sebaiknya memperhatikan arus kendaraan dari kanan dan kiri serta belakang, dan memberikan isyarat sebelum memutar arah.

“Saat mengantuk, segera berhenti dan beristirahat, upayakan istirahatlah di tempat aman kejahatan, contoh di kantor Polisi, Pos Operasi Lilin yg terdekat.Selama berkendara, dan juga utamakan pejalan kaki,sepeda,ambulan,pengawalan Polisi atau yang sesuai skala prioritas undnag-undang lalu lintas yang berlaku,”himbaunya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres PPU, AKP Seto Handoko menerangkan, dirinya berharap masyarakat yang akan merayakan Pergantian tahun agar dalam berkendara tetap memperhartikan keselamatan, serta tidak terlalu larut dalam euphoria pergantian tahun.

“Gunakan Selalu Helm SNI Dan patuhi rambu-rambu lalu lintas,”pungkasnya. (mede/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top