Jumat Bersih, Bupati Kukar Instruksi Gotong Royong


TENGGARONG (NK) – Dalam rangka mengantisipasi kondisi cuaca dan curah hujan yang masih tinggi serta meminimalisir kemungkinan dampak Banjir susulan di wilayah Kota Tenggarong.

Ramai, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kukar beserta beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Kukar serta Kelompok Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan tumpah ruah turun ke jalan-jalan utama Kota Tenggarong pada Jumat (14/6/2019) melaksanakan Kerja Bhakti/Gotong Royong dan Pembersihan Normalisasi Drainase di wilayah Kota Tenggarong sekitarnya.

Nampak berbeda dari Jumat bersih pada minggu-minggu sebelumnya, Kegiatan jumat bersih kali ini, lebih terlihat semarak dan bersemangat, berlangsung pada Hari Jumat (14/6) di mulai pagi Pukul 07:00 wita sampai selesai. Kegiatan ini, di monitoring langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edy Damansyah, M.Si di dampingi Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, S.Ik., M.Si, Dandim 0906/Tgr Letkol Czi Bayu Kurniawan, S.E., M.Tr (Han) selang beberapa hari sebelum terlaksananya kegiatan hari ini, telah di pertegas oleh Bupati Kukar Edy Damansyah melalui Surat Edaran No.489/685/PROKOM.III/VI/2019 Pemberitahuan Rencana Kegiatan tertulis pada tanggal 12 Juni 2019. Tentang Kegiatan Kerja Bhakti/Gotong Royong, Pembersihan dan Normalisasi Dreinase di Wilayah Kota Tenggarong. Yang wajib diikuti oleh seluruh kepala OPD Pemkab Kukar, Camat Tenggarong, Pimpinan BUMD Pemkab Kukar, Lurah Se – Kecamatan Tenggarong serta Ketua Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan.

Saat di Konfirmasi oleh tim Newskaltim.com yang bertugas di lapangan Wicaksono Pegawai Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Perkenomian Pemkab Kukar melalui Keterangannya.

Kegiatan bersih-bersih kali ini bertujuan sangat positif dan perlunya jadwal rutin semisal dua minggu sekali, apalagi di usung oleh Pemkab dimana PNS dan PHL dibantu oleh Masyarakat, hanya perlu di koordinir lebih baik mengenai titik lokasinya di inventarisir agar lebih terarah, guna mencegah dampak bencana banjir dan kemungkinan tanah longsor jika musim penghujan tiba seperti kejadian kemarin,” ujarnya.

Kegiatan serentak di lakukan di beberapa titik wilayah Kota Tenggarong diantaranya, Drainase/Parit Jalan Durian yang di kawal oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bagian Protokol dan Komunikasi Publik, Bank Kaltimtara, Drainase/Parit Jalan Tambak Rel oleh, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, PDAM Tirta Mahakam, Bagian Adm. Hukum, Sekertariat Korpri, Drainase/Parit Jalan Naga oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Bagian Adm. Pembanguna, KNPI Kutai Kartanegara, Drainase/Parit Jalan Pesut (SMA 2, Pegadaian Unit) oleh Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pengendalian, Kependudukan dan KB, Bagian Adm. Sumber Daya Alam, Perusda. KSDE.

Sementara itu kegiatan salah satunya yang tak luput oleh pantauan  newskaltim.com tepatnya di Jalan Loa Ipuh Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong mendapat tanggapan positif dari warga sekitar Ketua RT. XIX Kelurahan Loa Ipuh H. Muhammad Sahlan.

“Kegiatan Gotong Royong ini, sangat membantu masyarakat dan tentunya sangat positif bagi warga untuk mencegah terjadinya dampak banjir dengan di bersihkanya selokan-selokan di sekitar sini,” pungkas Sahlan.

Senada dengannya, Sekertaris Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar, To’at Mohammad Khoirudin yang turut menurunkan personilnya membersihkan parit menuturkan, kegiatan bersih soisal ini, menindak lanjuti Surat Edaran Bupati dengan mengantisipasi dampak banjir yang terjadi kemarin, terdampak ke pemukiman dan persawahan warga akibat sampah yang tidak teratur.

“Dengan kegiatan ini KTNA Kukar, merasa terpanggil bersama membantu warga yang kebetulan yang dipimpin pak bupati sendiri,” imbuhnya. (im/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.