Ketua Persit KCK Rem 091 PD VI/Mlw Resmikan Posbindu PTM Kodim Kkr

TENGGARONG (NK) – Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman (Mlw), Suzy Cahyo Suryo Putro didamping ketua Persit KCK cabang XVIII Dim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Cynthia Alling, meresmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Kodim 0906/Kkr.

Kegiatan yang dilaksanakan di jalan Seluang kelurahan Timbau kecamatan Tenggarong, Jumat (27/08/2021) siang tersebut, dihadiri Danrem 091/ Aji Surya Natakesuma (ASN),  Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Dandim 0906/Kkr, Letkol Inf. Charles Alling serta pengurus Persit Kodim Kukar dan para kader kesehatan Posbindu PTM Kodim 0906/Kkr.

Istri orang nomor satu di Korem ASN, Suzy Cahyo Suryo Putro pada kesempatan itu menyatakan, Posbindu PTM Kodim 0906/Kkr, merupakan sarana dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan serta pengendalian kesehatan masyarakat terhadap risiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

“Posbindu PTM ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini resiko penyakit tidak menular sehingga kejadian PTM dapat ditekan,” jelasnya.

Namun, lanjutnya, yang perlu diingat dalam penanggulangan PTM adalah dengan langkah  Cek kesehatan secara berkala atau disingkat CERDIK.

“Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang baik dan seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress,” tegasnya.

Usai meresmikan Posbindu PTM Kodim 0906/Kkr, Suzy Cahyo Suryo Putro juga  melakukan peninjauan kegiatan yang dilaksanakan oleh kader kesehatan di Posbindu tersebut, diantaranya wawancara terarah guna mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular, pengukuran berat badan tinggi badan lingkar perut, analisa lemak tubuh dan Indek Massa Tubuh (IMT) dan pemeriksaan tekanan darah serta penyuluhan. (*/bah)