Klotok Tenggelam 7 Selamat 2 Orang Hilang di Sungai Meriam

TENGGARONG (NK) – Kapal berjenis Klotok, dilaporkan tenggelam di perairan Sungai Meriam, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dini hari pukul 04.30 wita. Kejadian naas tersebut memakan 9 orang korban penumpang, 7 orang dinyatakan selamat 2 orang dilaporkan hilang pada Minggu (29/08/2021), kemarin.

Dari informasi Basarnas, kapal yang mengangkut 8 orang pemancing termasuk 1 orang motoris Shahrullah (40) berlayar di sungai meriam pada dini hari, kemudian kemudian pada saat kapal melintasi daerah depan PT. Rea Kaltim kapal tersebut menabrak sebuah batang kayu  yang menyebabkan badan kapal bocor sehingga berlubang.

Tujuh orang penumpang selamat terdiri dari Moh Ali (29), Moh Abdul Patah (37), Jumadi (32), Saliman (30), Sadikin (40), dan Kamarudin (33) masing-masing merupakan pemancing dari warga Sambutan dan 1 orang Mottoris (pengemudi) Shahrullah (40) yang merupakan warga desa Sungai Meriam. Sementara, Dua korban hilang merupakan warga Sambutan Samarinda diantaranya Denny (28) dan Hartono (38) masih dalam pencarian.

Kepala Basarnas kelas A Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan, bahwa saat kapal mengalami kebocoran, semua penumpang berusaha mendayung kapal menuju tepi sungai. namun kapal naas tersebut mengalami hantaman ombak hingga akhirnya ” kemudian tenggelam” tambahnya.

Dari kronologi tersebut, sembilan orang yang tercebur dari atas kapal berusaha berenang untuk mencapai tepi sungai. Namun nahas yang sampai hanya 7 orang. Dua lainnya, Hartono dan Deny hilang di perairan disinyalir korban terbawa arus ombak. Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Kelas A Balikpapan Octavianto mengatakan bahwa informasi  tenggelamnya kapal  yang ditumpangi 8 orang pemancing tersebut diterima oleh tim Basarnas pada pukul 08.10 wita.

“Informasi kejadian ini kami terima sekitar jam 08.10 pagi ini” ungkapnya.

Selain dari Tim Basarnas unsur SAR dalam pencarian korban juga di kerahkan dari  TNI AL Pos Anggana, Polsek Anggana, Polair Polres Kutai Kartanegara, Dipolair Polda Kaltim, BPBD Kutai Kartanegara serta relawan di Kutai Kartanegara yang masih melakukan pecarian ke perairan sungai meriam.

Tim SAR Temukan Satu Korban Tewas

Denny Alfiansyah (28) merupakan warga Sambutan Samarinda, yang menumpangi kapal nahas yang tenggelam dini hari di perairan sungai Meriam, dilaporkan ditemukan meninggal tidak jauh dari titik perkiraan kejadian, dalam pencarian tim Basarnas bersama rombongan SAR. pada pukul 10.00 Wita.

“Korban Denny ditemukan meninggal tidak jauh dari LKP (Last Know Position) atau titik perkiraan kejadian kapal yang ditumpangi korban tenggelam,” kata Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Kelas A Balikpapan Octavianto.

Menurut keterangan dari Octavianto selaku Kasi Operasi dan Siaga Basarnas kelas A Balikpapan,  jenazah Denny langsung dibawa ke rumah duka di Makroman, Samarinda atas permintaan keluarga korban.

“Jadi tersisa satu lagi korban atas nama Hartono, yang juga warga Sambutan di Samarinda, yang masih dalam pencarian SAR gabungan,” ujar Octavianto.

Tim  Basarnas Unit Siaga SAR Samarinda, beserta jajaran  TNI AL Pos Anggana, Polsek Anggana, Polair Polres Kutai Kartanegara, Dipolair Polda Kaltim, BPBD Kutai Kartanegara serta relawan di Kutai Kartanegara. Masih melakukan pencarian  satu korban lagi. (nk/era)