HEADLINE

Kodim PPU Gelar Latber Menembak Dengan FKPD dan Wartawan

Sekda PPU, H. Tohar, bersama Kajari, Darfiah dan Dandim PPU, Letkol Inf Mahmud saat Latber menembak, kegiatan juga diikuti wartawan di PPU 

PENAJAM (NK) – Dalam rangka memperat tali silahturahmi, Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), Jumat (12/04/2019) di kilometer 9 Kelurahan Nipah-nipah menggelar Latihan bersama (Latber) menembak senjata api  dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta wartawan di PPU.

Pada kegiatan tersebut, dihadiri, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, Kepala Kejari (Kajari), Darfiah, Sekda PPU, H. Tohar, sejumlah wartawan dan pejabat serta anggota Kodim.

Pantauan newskaltim, sebelum Latber digelar dilaksanakan apel kesiapan serta melakukan berdoa bersama, kemudian secara bergilir peserta latihan diminta untuk menempati posisi menembak dengan total berjumlah tujuh lajur.

Setiap peserta latihan baik FKPD maupun wartawan diberi arahan dari instruktur, bagaimana cara memegang dan menembak senjata api pistol jenis FN atau pindad P1 dengan benar namun tetap aman.

Latihan menembak diawali dengan penembakan kering tanpa peluru dilanjutkan dengan tiga kali menggunakan peluru untuk cek perkenaan dan lima butir penilaian dengan jarak tembak hingga ke sasaran tembak sejauh 15 meter.

“Ternyata menembak pistol cukup sulit, tembakan saya hampir semua tidak tepat sasaran,”ujar Sekda.

Sementara Darfiah sambil bercanda menutur lebih enak nembak malam dari pada sekarang. “Kayannya enak nembak malam hari,”ucapnya bercanda sehingga membuat Dandim dan Sekda tertawa.

Pada kesempatan itu, Dandim mengaku, kegiatan ini dalam rangka menjalin tali silahturahmi dengan FKPD dan wartawan sehingga semakin akrab, meskipun kegiatan nembak itu merupakan tanah Perusda yang dipinjam sementara.

Hingga sekarang kami masih belum memiliki lapangan tembak, sehingga untuk latihan kami terpaksa sering berpindah tempat,”tukasnya.

Ia berharap, Pemkab PPU bisa meminjamkan atau menyiapkan lahan untuk latihan tembak yang lokasinya dekat dengan Kodim sehingga lebih memudahkan mobilisasi pasukan.

Selain Latber dengan FKPD dan wartawan, lanjutnya, latihan ini juga diperuntukan untuk personel Kodim 0913/PPU guna meningkatkan kemampuan personel dalam menembak.

Dandim mengungkapkan, meskipun tidak didukung dengan lapangan tembak, baru – baru Danramil Penajam, Kapten Inf Imam Syafi’i berhasil meraih juara pertama pada kejuaraan Apel Komandan Satuan (Dansat) Jajaran Kodam VII/Mulawarman (Mlw) yang digelar di Rindam VI/Mlw Banjar Baru beberapa waktu lalu.

“Selain juara pertama Danramil Penajam ini juga telah meraih juara dua saat Kejuaraan Polda Kaltim Cup kategori umum. Oleh karena itu, saya yakin jika didukung lapangan tembak PPU banyak memiliki atlet menembak baik dari kalangan TNI – Polri maupun masyarakat sipil,”pungkasnya.(nav/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top