Edukasi

Kunjungi Literasi Jalanan, Sekda Apresiasi Gerakan Komunitas Gembel Penajam

NewsKaltim.com- Literasi jalanan yang digagas oleh Komunitas Gemar Belajar (Komunitas Gembel) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sangat banyak menarik perhatian baik dari kalangan masyarakat maupun kalangan pejabat PPU. Salah satunya, malam tadi, Sabtu (1/10) lapak literasi jalanan yang menyediakan fasitas buku untuk meningkatkan minat baca masyarakat mendapat kunjungan dari Sekretaris Daerah PPU H. Tohar.

Sekretaris Daerah PPU, H. Tohar mengatakan, dirinya mengapresiasi gagasan dari Komunitas Gembel dalam hal meningkatkan minat baca masyarakat. Terlebih menurutnya, gerakan ini diprakarsai oleh Pemuda PPU. Diakuinya, saat ini minat baca di Indonesia khususnya di PPU sendiri dinilai masih cukup rendah. Oleh karena itu, dirinya berharap dengan adanya gerakan seperti ini dapat menumbuhkan minat baca masyarakat guna meningkatkan wawasan sesuai tujuan Undang-Undang Dasar 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Harapannya ini bisa menjadi virus untuk daerah lain. Karena buku merupakan jendela dunia. Jadi, siapa yang banyak baca maka dia akan banyak mengetahui,”ujar Tohar, Sabtu (1/10/2016)

Diketahui, sebelum Sekretaris Daerah H. Tohar berkunjung ke lapak literasi jalanan tersebut, anggota DPRD PPU Wakidi juga pernah mengunjungi sembari menyumbangkan beberapa buku ke lapak literasi jalanan tersebut.

Lanjutnya, dirinya berharap kegiatan tersebut dapat dipertahankan serta dikembangkan. Dijelaskannya, kegiatan seperti ini hakikatnya memiliki nilai, walaupun bukan berupa finansial tetapi bentuk kepedulian tersebut sangat bermanfaat dan pemerintah PPU sangat mensupport gerakan dari Komunitas Gembel ini.

“Kalau masalah bantuan dari pemerintah, sepanjang kita punya kemampuan untuk itu pastilah kita akan bantu,”ucapnya.(NK3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top