HEADLINEKaltimPPU

Letkol Inf Mahmud Resmi Pimpin Kodim 0913/PPU

Foto bersama usai serah terima jabatan Dandim 0913/PPU


SAMARINDA (NK) – Jabatan Komandan Kodim (Dandim) 0913/Penajam Paser Utara (PPU) berganti. Letkol Inf Mahmud resmi menggantikan Letkol Czi Dwi Imam Subagiyo sebagai Dandim 0913/PPU.

Upacara pada serah terima jabatan (Sertijab) Dilaksanakan di Hall Makorem Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur dan dipimpin langsung Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan. Jumat, (6/7/2018).

Irham Waroihan mengatakan, serah terima jabatan maupun alih jabatan di lingkungan TNI AD merupakan bagian dari upaya Pimpinan TNI AD khususnya jajaran Kodam VI/Mulawarman untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan, pemantapan manajemen organisasi serta pembinaan karier personel TNI-AD agar dapat mengembangkan profesionalisme dan mampu melaksanakan tugas – tugas kewilayahan, yakni Menyiapkan potensi wilayah untuk dijadikan kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan Negara.

“Perlu kita sadari, bahwa kondisi dan situasi wilayah Kodim 0913/PPU yang relatif kondusif dan aman hingga saat ini, adalah cermin dari kinerja satuan yang mampu bersinergi dengan semua instansi terkait, hal tersebut dapat dibuktikan dengan terlaksananya berbagai kegiatan yang bersifat program maupun non program, sehingga dapat saya nilai satuan telah bekerja dengan baik,”ujarnya.

Dijelaskannya, kondisi dan situasi wilayah Kodim 0913/Penajam Paser Utara yang relatif kondusif dan aman hingga saat ini adalah cermin dari kinerja satuan yang mampu bersinergi dengan semua instansi terkait. Hal tersebut menurutnya, dapat dibuktikan dengan terlaksananya berbagai kegiatan yang bersifat program maupun non program, sehinggga dirinya menilai satuan telah bekerja dengan baik.

Ia juga memberikan penekanan kepada Dandim baru dalam pelaksanaan tugas ke depan perlu memperhatikan beberapa hal seperti ancaman terorisme di wilayah sebagai salah satu wujud ancaman nyata terhadap keutuhan wilayah, kedaulatan bangsa dan keselamatan seluruh bangsa Indonesia. Ancaman tersebut bersifat laten, dinamis, dapat muncul secara tidak terprediksi, mendadak dan berpengaruh secara langsung terhadap stabilitas nasional.

Penyalahgunaan Narkoba, dimana Narkoba merupakan ancaman yang nyata bagi ketahanan bangsa, karena sudah masuk pada seluruh tingkat kehidupan sosial. Untuk itu saya perintahkan kepada pejabat Dandim baru agar memerangi secara serius permasalahan Narkoba, lakukan tindakan pencegahan secara internal dan eksternal di satuan, serta lakukan koordinasi intensif dengan Polri dan BNN dalam penanggulangannya,”tegasnya.

Ditambahnya, keanekaragaman suku di wilayah Kaltim juga berpotensi terjadinya konflik Sara, untuk itu ia menegaskan kepada pejabat Dandim, agar melakukan pendekatan secara persuasif.

“Adakan kegiatan – kegiatan sosial yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, sehingga terciptanya iklim yang kondusif, aman dan damai,”imbaunya.

Hadir pada upacara tersebut antara lain Kasrem 091/ASN, Para Kasi Korem 091/ASN, para Dandim se- jajaran Korem 091/ASN, para Komandan satuan dan Kabalak, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman berserta ibu-ibu pengurus.

Selanjutnya Letkol Czi Dwi Imam Subagiyo, S.T. mendapat Jabatan baru sebagai Waas Ren (Wakil Asisten Perencanaan) Kodam VI/Mulawarman sedangkan Letkol Inf Mahmud sebelumnya menjabat Danyon 623/Bhakti Wira Utama.(aris/nk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.