Mahulu Undang Masyarakat Indonesia, Ikut Festival Hudoq Cross Border 2019

MAHAKAM ULU (NK) – Pemerintah Kabupaten Mahakam (Mahulu), melalui Dinas Pariwisata Mahulu, segera menggelar Festival Hudoq Cross Border selama empat hari, berlangsung pada 23-26 Oktober 2019 di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mahulu, Kristina Tening
Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mahulu, Kristina Tening

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mahulu, Kristina Tening, kepada newskaltim.com Biro Kubar-Mahulu, Kamis (10/10/2019) di Ujoh Bilang mengatakan, Festival Hudoq Cross Border merupakan even tahunan yang sudah terdaftar di Kementerian Pariwisata, menjadi even budaya tahunan tetap Kabupaten Mahulu.

“Untuk penyelenggaraan saat ini kami sudah mempersiapkan semuanya. Termasuk venue acara dan distribusi undangan sudah sejak sepekan lalu. Utama Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim dan Dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Kaltim bahkan se-Kalimantan,”jelasnya.

Kristina Tening menuturkan, dalam even Hudoq Border Mahulu 2019 ini, akan membuat capaian berbeda dari tahun sebelumnya. Yakni penari dan masyarakat akan menari hudoq terlama, selama 24 jam nonstop.

“Tepatnya pada 24 Oktober 2019. Akan bergilir, para tamu undangan yang datang berpartisipasi diajak ikut serta menari hudoq. Lima kecamatan se-Mahulu sebagai tuan rumah ikut serta menari hudoq. Tahun lalu ditarget dua ribu peserta yang datang, ternyata lebih. Nah tahun ini dipastikan peserta yang datang akan melebihi target tahun lalu,”tukasnya.

Didalam even Hudoq Border, selain menari hudoq, juga disuguhkan olahraga tradisional (Oltrad). Juga ada lomba tari tradisional, serta tari tradisional kreasi dan beragam seni budaya akan ditampilkan. Tening menuturkan, nantinya juga akan ditampilkan kuliner daerah lokal.

“Ada ekspo pameran yang akan memberdayakan masyarakat usaha kecil dan menengah. Ekspo akan diisi oleh masyarakat dengan menunjukkan keragaman budaya serta hasil perekonomian Kabupaten Mahulu,” tandas Kristina Tening. (ran/nk)