MTQ ke-XIII Tingkat Kabupaten Kubar Resmi Berakhir

Penutupan MTQ ke-XIII Tingkat Kabupaten Kubar yang diikuti 13 dari 16 kecamatan se-Kubar, Tampak Bupati FX Yapan SH menyerahkan piala bergilir kepada juara umum, Kecamatan Barong Tongkok. Diterima oleh Camat Barong Tongkok, Denasius

Kecamatan Barong Tongkok Jadi Juara Umum

SENDAWAR (NK) – Secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-13 Tingkat Kabupaten Kutai Barat (Kubar) tahun 2018 telah berakhir dan ditutup langsung oleh Bupati Kubar FX Yapan SH, Kamis (15/11) malam lalu di Kampung Rejo Basuki (Mencimai), Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar.

Sebanyak 13 kecamatan yang mengikuti MTQ yang berlangsung sejak 10-15 November 2018 tersebut, Kecamatan Barong Tongkok sebagai tuan rumah, berhasil menyisihkan 12 kecamatan, dan menjadi juara umum.

“Terima kasih kepada seluruh panitia, semua pihak yang terlibat, utamanya masyarakat Kecamatan Barong Tongkok yang telah berhasil menyukseskan MTQ ke-XIII Tingkat Kabupaten Kubar tahun 2018 ini,” jelas Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kubar, H Edyanto Arkan yang juga merupakan Wakil Bupati Kubar, dalam sambutannya.

Dia menegaskan, tujuan penyelenggaraan MTQ untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat muslim. Utamanya dengan mengagungkan asma Allah dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari serta mengamalkan isi Al-Quran.

MTQ sebagai siar Islam, menguatkan toleransi, sebagai teladan bagi umat. Sehingga iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa kuat. Kepada kecamatan yang telah berhasil agar bersiap menghadapi MTQ tingkat Provinsi Kaltim 2019, bagi yang belum berhasil jadikan hal itu sebagai motivasi memacu diri,” pesannya.

Sementara itu, Bupati FX Yapan sangat apresiasi dan bangga suksesnya MTQ ke-XIII tingkat Kabupaten Kubar di Kecamatan Barong Tongkok. Bupati berharap keberhasilan tersebut agar menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di Kubar.

“Saya minta agar qori dan qoriah yang telah berhasil menjadi juara umum supaya dikarantina, dilatih maksimal untuk persiapan Kubar mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kaltim,” urainya.

“Dengan MTQ tingkat kabupaten ini menguatkan silaturahmi antar kecamatan, jadilah suri tauladan menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, sebagai dukungan pembangunan bidang agama dan rohani,” tandas FX Yapan.

Ketua Panitia, Denasisus yang juga Camat Barong Tongkok, dalam laporannya menyebut MTQ ke-XIII tersebut sebagai realisasi program bersama mendukung pembangunan Kubar menuju hari esok lebih baik daripada hari ini.

“Sehingga terwujud Kubar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ungkapya.

“Terima kasih kepada Pemkab Kubar dan semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga pelaksanaan MTQ ke-XIII di Kecamatan Barong Tongkok sukses. Selamat berjumpa lagi pada MTQ ke-XIV Tingkat Kabupaten Kubar di Kecamatan Sekolaq Darat pada 2019 mendatang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam MTQ tersebut mempertandingkan 15 katagori. Diikuti 326 qori dan qoriah, 208 pendamping, sehingga totalnya 534 peserta.  Dipenghujung acara tersebut, masyarakat Kubar dihibur oleh grup gambus ‘Debu’ yang didatangkan langsung dari Jakarta, menyanyikan sejumlah lagu rohani Islam.(ran/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.