Mustaqim : Data Penerima Bantuan PPU Harus Akurat

Drs H. Mustaqim MZ MM


Jangan Sampai Penyaluran Bantuan Salah Sasaran  

PENAJAM (NK) –  Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ menegaskan, seluruh data  bagi penerima batuan sosial atau penerima manfaat dari pemerintah  di kabupaten PPU harus benar-benar valid dan akurat. Demikian dikataknya usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data Terpadu 2017 yang berlangsung  di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Dijelaskannya, benar – benar valid dan akurat atau dengan kata lain validasi data yang ada mulai tingkat RT, desa/ kelurahan hingga kecamatan di seluruh wilayah PPU harus sudah terperinci di Dinas Sosial (Dinsos) PPU.

“Validasi data merupakan hal terpenting sebelum berbagai macam bentuk bantuan sosial dari pemerintah daerah ini disalurkan kepada masyarakat. Jangan sampai karena data tidak valid atau kurang akurat, bantuan yang disalurkan tidak tepat sasaran, dengan kata lain mereka yang berhak memperoleh bantuan tidak dapat bantuan sementara mereka yang mampu malah memperoleh bantuan, “kata Mustaqim.

disebutkannya, untuk memperoleh data yang valid atau akurat dari seluruh masyarakat tentu juga harus ada ketegasan dan ketelitian dari semua pihak yang melaksanakan pendataan tersebut. Baik mulai tingkat RT sebagai pendata tahap awal di lingkungan masyarakat, maupun ditingkat desa/ kelurahan hingga kecamatan.

“Dalam UU juga dengan jelas telah disebutkan apa syarat mereka yang berhak memperoleh bantuan sosial dari pemerintah. Kami minta juga  untuk penanganan ini harus ada ketegasan dijalankan, sehingga kedepan bantuan sosial benar-benar tersalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya,”tukas Mustaqim.

Ditempat sama, Sekretaris Dinsos PPU, Hidayat menerangkan,  di PPU ada beberapa jenis bantuan sosial yang disalurkan kepada masayarakat menengah ke bawah diantaranya,  Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan dari APBN yang jumlahnya menjapai 62 ribu jiwa, Rumah Pra Sejatera (Restra), 9.565 jiwa, bantuan Rumah Tangga Layak Huni (Rutalahu), Program Keluarga Sejahtera (PKS), Kubel, dan sebagainya.

“Ada sejumlah bantuan sosial yang digelontorkan oleh pemerintah pusat kepada masyarakat di PPU, seperti PBI BPJS Kesehatan APBN, Restra, Rutalahu, PKS, Kubel dan lain – lain,”pungkasnya.  (iyan/nk/Humas6)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.