Orientasi Penyusunan LPJ Keuangan Pilkada, KPU PPU Kunjungi KPU Kulon Progo

Sekretaris KPU PPU, Salman (kiri) dan Sekretaris KPU Kabupaten Kulon Progo (kanan)


PENAJAM(NK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur melakukan study banding ke KPU Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkait Orientasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Bantuan Hibah Pilkada Bupati PPU. Jumat, (11/5/2018).

Sesampainya di KPU Kabupaten Kulon Progo, rombongan KPU PPU yang dipimpin Sekrtetaris PPU Salman, disambut langsung Sekretaris KPU Kabupaten Kulon Progo Widi Purnama.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris KPU Kabupaten Kulon Progo, Widi Purnama mengatakan, dirinya menyambut baik kedatangan rombongan KPU PPU guna mengetahui gambaran proses penyusunan pertanggungjawaban keuangan dalam proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Dijelaskannya, dalam mengelola keuangan pada penyelenggaraan Pilkada harus jelas, sesuai, rinci dan tidak fiktif dalam menggunakan anggaran. diterengkan Widi, KPU Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2017 lalu menyelenggarakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati dengan jumlah DPT sekitar 334 ribu pemilih hanya menelan anggaran sekitar Rp. 11 miliar dari Rp. 14 miliar yang disediakan.

“Hingga selesai pilkada bupati 2017 lalu, kita masih menyisakan anggaran sekitar Rp. 3 miliar, dan kita telah kembalikan sisa anggaran tersebut,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU PPU, Salman menjelaskan, tujuan orientasi tersebut guna mencari referensi terkait pertanggung jawaban keuangan untuk mengetahui apa saja proses pertanggung jawaban dalam proses audit pada penyelenggaraan pilkada.

Kegiatan ini dalam rangka koordinasi terkait keuangan karena KPU Kulon Progo telah melaksanakan pilkada Bupati tahun 2017 lalu,”ungkapnya.

Ditambah Salman, selain itu, juga mempererat tali silaturahmi antara KPU PPU dengan KPU Kabupaten Kulon Progo. Dirinya juga menjelaskan, sekurih KPU Kabupaten/Kota dan KPU Provinsi telah diingatkan oleh KPU RI untuk tetap memperhatikan tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang tengah berjalan.

“KPU RI juga ada mengingatkan KPU seluruh Kabupaten/Kota dan Provinsi, walaupun saat ini sedang fokus pilkada, tetap harus memperhatikan tahapan pileg dan pilpres yang sedang berjalan,”pungkasnya.

Usai pertemuan, Sekretaris KPU PPU, Salman memberikan cinderamata dan bingkisan khas Kalimantan sebagai Kenang-kenangan untuk KPU Kabupaten Kulon Progo.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.