ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Pasien  Positif Corona di Penajam Paser Utara kini Tersisa Satu Orang

dr. Arnold Wayong

PENAJAM (NK) – Kabar menggembirakan bagi masyarakat Kabupaten penajam Paser Utara (PPU) karena kini jumlah pasien Positif Corona atau COVID-19 tersisa satu orang menyusul dengan sembuhnya satu pasien terkonfirmasi positif setelah menjalani perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB).

“Baru saja kami mendapatkan informasi satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 asal PPU dinyatakan sembuh, setelah menjalani dua kali uji sampel swab di RSPB,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU, dr. Arnold Wayong kepada newskaltim, Jumat (4/7) di Penajam.

Ia mengungkapkan, pasien yang dinyatakan sembuh berkode 23 umur 39 tahun berdomisili di RT.13, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam. Pasien ini merupakan pekerja tambang emas berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

“Pasien PPU 23 yang telah dinyatakan sembuh ini adalah pelaku perjalanan (PP) dan berstatus orang tanpa gejala (OTG), ia menjalani masa cutinya di Penajam tiba pada 8 Juni dan petugas pos pelabuhan telah melakukan pendataan serta skrining. Diketahui pasien tidak menunjukkan gejala COVID-19 serta menunjukan surat keterangan hasil rapid test nonreaktif.

Kemudian Pasien PPU 23, ungkapnya, melaksanakan pengambilan swab Real Time PCR secara mandiri di RSPB pada 17 Juni dimasa isolasi mandirinya dan diketahui hasil positif COVID-19 pada 19 Juni, sehingga pasien langsung diisolasi di RSPB untuk menjalani pengobatan dan perawatan medis.

“Setelah menjalani perawatan dan pengobatan di RSPB, pasien menjalani pengambilan swab Real Time PCR sebanyak dua kali dan hasilnya diketahui negatif sehingga pada Rabu (1/7) kemarin pasien PPU 23 dengan status OTG terkonfirmasi positif ini dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan dokter yang menanganinya,” ujar Arnold.

Untuk diketahui, lanjutnya, dengan bertambahnya satu pasien sembuh, maka saat ini jumlah pasien positif yang masih menjalani perawatan dan pengobatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU tinggal satu orang yakni PPU 20.

“Pasein PPU 20 berjenis kelamin perempuan usia 45 tahun BTN KM 4 RT. 10 Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, terpapar COVID-19 akibat kontak erat dengan suaminya yang merupakan pasien  kota balikpapan dengan kode BPN 50 tetapi kini telah dinyatakan sembuh,” ungkapnya.

Meskipun terjadi pengurangan jumlah pasien terkonfirmasi positif, tambahnya, namun Rabu kemarin terdapat penambahan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak tiga orang sehingga total yang masih dalam proses pemantauan sebanyak 32 orang dari total 263 ODP sehingga ada 231 orang dinyatakan selesai pemantauan.

“Berdasarkan data kami pula jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 23 orang dimana 22 orang telah dinyatakan sembuh dan satu pasien masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD PPU yakni PPU 20. Sehingga sampai saat ini ada 300 kasus COVID-19 yang telah kami tangani, harapan kami tentu PPU bebas corona dan menjadi daerah zona hijau,” pungkasnya.(nav/nk)

Berita Popular

To Top