ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Pasien Positif Corona di PPU Kembali Bertambah Dari Klaster Gowa

dr. Arnold Wayong

PENAJAM (NK) – Kasus pasien terkonfirmasi positif yang terpapar virus corona atau COVID-19 di kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali bertambah satu orang dari klaster Gowa sehingga kini jumlah pasien menjadi 15 orang setelah satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkonfirmasi positif corona hasil swabnya sehingga statusnya menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Saat ini PDP di PPU total berjumlah 26 pasein terdiri dari 15 Konfirmasi positif setelah ada penambahan satu ODP dari klaster Gowa terkonfirmasi positif hari ini, lalu dua pasien proses pengawasan, sembilan  konfirmasi negetif,” ujar Juru bicara Pemerintah Kabupaten PPU terkait COVID-19 juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU, dr. Arnold Wayong, kepada newskaltim.com, Jumat (8/5/2020) di Penajam.

Dibeberkannya, ODP klaster Gowa itu baru hari ini pihaknya mendapat informasi bahwa hasil swabnya terkonfirmasi positif COVID-19. Sehingga awalnya berstatus ODP kini menjadi Pasein Dalam Pengawasan (PDP).

Diungkapkannya, PDP terkonfirmasi positif tersebut diberi nama pasein 17 tersebut berdomisili di desa Labangka, Kecamatan Babulu dengan jenis kelamin laki laki berusia 42 tahun.

“Pada Rapid Test pasien 17 hasilnya non reaktif, namun pada Rapid Test kedua hasilnya reaktif, sehingga dilakukan pengambilan sampel swab dan hasil hari ini sudah ada dengan penjelasan terkonfirmasi positif COVID-19. Sehingga hingga sekarang jumlah pasein terkonfirmasi positif swabnya ada 17 pasein,” tuturnya.

Ia menambahkan, pasein ini karena hasil Rapid Test kedua reaktif maka ditetapkan sebagai ODP dan dikarantina di Rumah Susun Sewa (Rusunawa). Tetapi setelah terkonfirmasi positif dan berstatus PDP maka yang bersangkutan di tempatkan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU sejak hari ini.

“Pasein 17 ini tidak menunjukkan gejala tetapi swabnya positif COVID-19, sehingga harus diisolasi. Sementara itu, kondisi pasien  dalam keadaan stabil,” tuturnya.

Arnold menambahkan, rencana hari pernyataan resmi pasien positif ini akan disampaikan secara detail  langsung oleh Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud, kalau tidak hari ini kemungkinan Senin (8/5) seperti biasanya.

“Selain itu terdapat penambahan jumlah ODP sebanyak empat orang yakni dua para medis di puskesmas Petung yang kemarin belum masuk dalam ODP PPU, lalu satu dari Kecamatan Babulu dan satu lagi dari Kecamatan Waru,” pungkasnya. (nav/nk)

Berita Popular

To Top