PBNU Ambil Bagian di Wilayah IKN Nusantara

PENAJAM (NK) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tidak mau ketinggalan untuk mengambil bagian dalam pembangunan gedungnya di wilayah Ibukota Negara (IKN) di Kecamatan sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Perihal ini disampaikan oleh Ketua PBNU Pusat, KH. Yahya Cholil Staguf saat melakukan kunjungan ke wilayah IKN baru di Sepaku, Kabupaten PPU sekaligus mengikuti kegiatan Istighosah dan Pencanangan Kantor PBNU di wilayah IKN Nusantara, Minggu (30/1) pagi.

” Mumpung Ibu kota baru belum menjadi ibu kota yang padat, oleh karenanya PBNU mendahulukan mohon izin kepada Bapak Bupati untuk ikut menempati IKN. Dan alhamdulillah bupati sudah siap memfasilitasi supaya ketika nanti menjadi IKN, disini sudah ada gedung PBNU, ” kata Yahya Cholil Staguf.

Yahya Cholil mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan pertemuan yang paling mengharukan bagi dirinya. Karena Kabupaten PPU baru saja dicanangkan sebagai IKN yang baru dan sudah mempunyai nama baru yaitu Kota Nusantara. Apalagi tambahnya, saat ini Kabupaten PPU juga baru saja mendapatkan bupati yang baru.

Dikatakannya dulu ketika mulai ada gagasan untuk membangun IKN yang baru banyak daerah mengajukan diri untuk menjadi tempat IKN tersebut. Namun siapa yang menyangka bahkan masyarakat PPU pun pasti tidak akan menyangka bahwa Kabupaten PPU lah yang ditetapkan menjadi titik IKN itu.

” Peristiwa ini sama dengan Bapak Hamdam. Dulu beliau mikir hanya menjadi calon wakil bupati, tetapi tiba-tiba sekarang bisa menjadi bupati. Ini rezeki anak soleh. Masya Allah mudah-mudahan ini suatu berkah untuk seluruh masyarakat PPU, ” kata Yahya Cholil.

Ia mengatakan bahwa dulu dirinya juga pernah ke Kecamatan Sepaku, tepatnya pada tahun 2004 lalu ketika jalan di daerah ini masih berlumpur. Kecamatan Sepaku yang sebelumnya hanya biasa-biasa saja ini, kini ditetapkan menjadi IKN yang baru.

Bahkan ujarnya, sebentar lagi masyarakat Kabupaten PPU akan menjadi orang-orang Ibukota negara dan orang-orang Jakarta akan menjadi orang daerah.

” Kemajuan ini tentu sangat mengharukan bagi saya. Ini adalah bukti Allah SWT memperjalankan sejarah dan mengembangkan hidup kita. Mari kita syukuri dengan cara menghilangkan sebab dari datangnya nikmat ini, ” ungkapnya.

Sementara itu dalam kesempatan ini Plt. Bupati PPU, Hamdam mengatakan bahwa kedatangan Ketua PBNU dan rombongan tentulah merupakan support bagi seluruh masyarakat Kabupaten PPU khususnya Kecamatan Sepaku.

” Mudah-mudahan kedatangan bapak sekalian ke sini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus bersama-sama warga mengembangkan dan mamajukan Kabupaten PPU kearah yang lebih baik, ” harap Hamdam.

” Atas nama warga dan Pemerintah Daerah kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan selamat datang di Kecamatan Sepaku Kabupaten PPU yang telah ditetapkan menjadi IKN ini, ” tutupnya. (Humas6/NK2)