Pekan Ini, Sebaran Covid-19 di Kaltim Meningkat

SAMARINDA (NK) – Penyebaran Covid-19 di Kaltim belum menunjukkan tanda-tanda melandai. Bahkan setiap hari terlihat penularannya selalu ada dan jumlahnya dapat mencapai ratusan orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan diperlukan keseriusan dan kepedulian tinggi dari semua pihak termasuk masyarakat untuk tidak abai pada protocol kesehatan 3M.

Dalam rilis harian, Rabu per 18 November 2020, ternyata angka terkonfirmasi kembali meningkat dari hari sebelumnya yaitu mencapai 254 kasus dengan kumulatif terkonfirmasi Positif sebanyak 17.597 orang.

“Penambahan Positif meningkat mencapai 17.597 kasus sebab bertambah 254 kasus atau berada di angka 472,9 dari 466,0 terkonfirmasi positif sebelumnya,” jelasnya.

Sementara angka kesembuhan menurun dari 84,9 persen menjadi 84,4 persen dari jumlah terkonfirmasi. Dimana, total pasien Sembuh sebanyak 14.844 kasus sebab bertambah pasien sembuh sebanyak 115 kasus

“Kasus positif meningkat lagi. Berarti kewaspadaan dan kepedulian perlu ditingkatkan,” ujar Andi Muhammad Ishak yang tidak bosan setiap harinya mengingatkan kewaspadaan.

Protokol kesehatan menurut Andi, harus terus menerapkan protocol kesehatan bagi masyarakat dalam beraktivitas dan berinteraksi sehari-hari.

“Membiasakan diri selalu menjaga jarak dengan orang lain dan hindari kerumunan, tetap pakai masker dengan benar dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir maupun memakai hand- sanitizer ketika akan dan setelah beraktifitas,” sarannya.

Diharapkan kepatuhan dan ketaatan menerapkan protokol kesehatan oleh masyarakat secara konsisten, sehingga mampu menekan penularan dan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Sementara itu, dari Kota Samarinda dilaporkan peningkatan kasus sebaran Covid-19 telah meningkatkan status zona Merah di dua kecamatan lainnya.

Sepekan lalu, zona Merah kecamatan hanya ada di Kecamatan Samarinda Ulu dan Sungai Kunjang. Namun pekan ini kasus sebarannya bertambah menjadi empat kecamatan. Tambahan yang kini juga berzona Merah adalah Kecamatan Samarinda Utara dan Sungai Pinang.(YUN/Rizq)