Pembekalan Partai Perindo Kukar Sekaligus Moment Silaturahmi Partai


TENGGARONG (NK) – Acara Pembekalan Partai Perindo Kukar Sekaligus Moment Silaturahmi Partai Pembekalan Calon Anggota Legislatif DPRD Kukar Partai Perindo, berjalan lancar dengan terbangunya suasana keakraban sesama anggota dan petinggi partai.

Acara pembekalan pada selasa pagi (15/1/2019) di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, selain dihadiri petinggi partai perindo didaerah yakni Hamdani HB. SH, MH Ketua DPW Perindo Kaltim, Eko Wulandanu Ketua DPD Perindo Kukar, Jodi Wahyudi Skertaris DPD Perindo Kutai Kartanegara, juga turut dihadiri oleh beberapa nara sumber yakni Saidi Komisioner KPU Kukar. Misran, juga dari Komisioner KPU Kukar. Yulia Parlina Divisi Pengawasan Bawaslu Kukar, Teguh Wibowo Divisi Sengketa Bawaslu Kukar dan seluruh caleg DPRD Kukar dari Perindo sebanyak 45 orang, serta rekan-rekan separtai dari DPRD Prov. Kaltim.

Ketua DPD Partai Perindo Kukar, Eko Wulandanu bertindak selaku pimpinan dalam acara rapat pembekalan  memperkenalkan beberapa caleg dari Partai Perindo, baik untuk caleg DPR-RI dan caleg DPRD Prov. Kaltim, kepada seluruh rekan Partainya yang sedang bersiap-siap menjadi wakil rakyat dari DPRD Kab. Kukar, pada ajang kontestasi politik tahun ini, akan digelar pada april mendatang.

Selain itu Eko Wulandanu, menaruh harapan besar kepada rekan partainya yang turut berpartisipasi pada ajang pencalegkan, agar dapat meraih perolehan suara maksimal yang secara otomatis akan membawa nama besar bagi partai yang diusungnya tersebut.

Dalam sesi wawancara dengan wartawan newskaltim.com ditengah-tengah sela break makan siang, Eko melontarkan “inti pada acara ini, bertujuan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para caleg Partai Perindo agar nanti bisa berprestasi pada ajang pemilihan yang sebentar lagi akan terlaksana, sekaligus jadi ajang silaturrahmi rekan-rekan separtai untuk saling mengenal dan memberi support satu sama lain,”kata eko.

Hal senada telah disampaikan sebelumnya oleh Ketua DPW Perindo Kaltim Hamdani, pada saat awal berlangsungnya acara, dalam kesempatanya memberikan materi pembekalan kepada Caleg Perindo DPRD Kukar. Beliau memaparkan bahwa, tata cara meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para caleg, agar mampu berkompetisi di ajang pencalegkan untuk meraih perolehan suara sebanyak-banyaknya tanpa melanggar aturan dan kode etik partai dan aturan yang diberlakukan oleh undang-undang serta peraturan /KPU.

Berlanjut kepada nara sumber berbeda, oleh komisioner KPU Kukar Misran, S.Ag, pentingnya dalam mengolah laporan tentang kegiatan Kampanye baik secara tekhnis dan sitematis ditambahkan oleh rekanya Saidi, SE bahwa, dalam mengolah pelaporan ada mekanisme tertentu tentang pelaporan kegiatan yang sesuai aturan yang ditetapkan dan tersistem secara online.

Divisi Pengawasan Kampanye dari Bawaslu, Yuliana Parlina turut ambil bagian pada sesi materi tata cara kampanye, materi pengawasan kampanye, tentang apa saja aturan dan larangan-larangannya misalnya tata cara pemasangan alat peraga kampanye dan hal lainya yang bisa saja  menggugurkan peserta caleg jika tidak mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan.

Demikian halnya Teguh Wibowo Divisi Sengketa Bawaslu Kukar, memaparkan tentang penyelesain sengketa pemilu, menurut aturan yang diatur secara undang-undang dan /KPU 32 dan pembagian bahan Kampanye sebanyak 12 item. Apa saja bahan yang diperbolehkan untuk dibagi pada saat Kampanye dan apa saja yang tidak diperbolehkan misalnya sembako dan hal lain yag terindikasi money politik.

Berbagai kesimpulan para nara sumber saat memberikan materi dalam acara pembekalan. Sesaat sebelum berakhirnya acara pembekalan, secara simbolis dilakukan Penyerahan Sertifikasi Pembekalan yang mewakili seluruh para anggota caleg partai perindo DPRD Kukar.(mi/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.