Akhir Februari, Semua Proyek Dibiayai PT SMI Rampung

Wabup PPU. H Hamdam bersama sejumlah pejabat saat melakukan peninjauan pembangunan jalan rigid yang dibiayai dari dana pinjaman pada PT. SMI


PENAJAM (NK) – Semua proyek pembangunan di kabupaten Penajam Paser Utara yang anggarannya dibiayai dari dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) diharapkan rampung diakhir Februari 2019 depan serta segera dilaporkan kepada PT. SMI.

Kabag Pembangunan Setkab PPU, Nicko Herlambang, Jumat (18/1/2019) menjelaskan, setelah proyek tersebut selesai sesuai harapan dan dilaporkan kepada PT. SMI, maka tanggung jawab PT SMI untuk membayar kepada kontraktor pelaksana yang mengerjakan proyek – proyek tersebut.

Kami sudah meminta kepada pelaksana proyek agar bisa merampungkan sampai akhir Februari depan. Proyek  yang dibiayai dari dana pinjaman tersebut selain  proyek lama juga ada proyek baru dan merupakan proyek tahunan sehingga harus selesai,”ungkapnya.

Nicko mengakui, ada sejumlah proyek yang belum selesai pekerjaanya, seperti proyek akses jalan Kopi-kopi, Kelurahan Sungai Paret, namun atas pekerjaan itu kontraktor pelaksana telah diberikan denda dengan perhitungan besaran denda sesuai aturan yang berlaku.

Tetapi, ia menyakini, proyek tersebut bisa rampung pada Februari sesuai dengan komitmen pelaksana proyek. Sementara untuk akses Jalan Jumaiyah, meskipun belum selesai namun tinggal beberapa meter yang belum dikerjakan berupa rigid beton.

“Keterlambatan penyelesaian proyek ini karena sempat terkendala material akibat bencana gempa di Palu,”katanya.

Dituturkannya, dengan selesainya seluruh proyek yang dibiayai dengan dana pinjaman ke PT. SMI total Rp348 miliar, maka pihaknya tinggal melakukan pembayaran utang yang besarannya bervariasi setiap tahunnya.

“Semua proyek selesai maka kewajiban kita membayar dana pinjaman tersebut, harapannya semua bisa segera dilunasi sehingga Pemkab bisa fokus untuk melaksanakan kegiatan  pembangunan baru lagi,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.