ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Pemkab PPU Bakal Dirikan Perguruan Tinggi  Maritim

Wabup PPU, H. Hamdam

PENAJAM (NK) -Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) berencana merintis berdirinya Perguruan Tinggi (PT) Maritim yang didalamnya terdapat fakultas Kemaritiman dan Perikanan, guna menyambut kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) di PPU. Hal ini diungkapkan, Wakil Bupati PU, H. Hamdam, kepada newskaltim, Selasa (4/2/2020).

“Dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta sejalan dengan program bapak Presiden RI, Joko Widodo, semestinya Dirjen Pendidikan Tinggi  (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperbanyak program – program pendidikan kejuruan, sehingga kami mencoba kami agar di PPU ada satu Perguruan Tinggi Kemaritiman,” katanya.

Alasanya dipilih jurusan kemaritiman tersebut,  terangnya, karena PPU memiliki potensi yang dinilai cukup mendukung seperti  garis pantai mencapai 177 Km, tanah datar dan curah hujan yang tinggi, sehingga memiliki potensi perikanan darat maupun laut.

Wabup menuturkan, potensi perikanan laut di PPU bisa dilakukan dengan budidaya atau tangkap, sementara itu, informasi dari Dirjen Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ternyata potensi laut di PPU belum sepertiganya tergaraf.

“Menjawab hal itu, maka kami berupaya agar PPU memiliki SDM – SDM spesialisasi yang mumpuni dibidang kemaritiman dan perikanan,” tegasnya.

Hamdam mencontohkan, nelayan PPU yang saat ini masih sangat tradisional dengan menggunakan kapal  dan mesin yang kemampuanya terbatas, tentu sudah tidak maksimal dan kurang ekonomis, sedangkan lokasi ikan semakin jauh kelaut dan jarang berada di pesisir pantai, sehingga perlu peralatan yang memadai untuk menangkap ikan tadi.

“Saat ini kalau menggunakan kapal yang ada, nelayan kesulitan dan tidak seimbang penggunaan bahan bakar minyak dengan hasil tangkapannya, sehingga tidak ekonomis. Sehingga di PPU perlu dirintis PT. Kemaritiman dan Perikanan minimal Sekolah Tinggi menjawab tantangan kedepan,” tukas Hamdam.

Untuk mewujudkan rencana ini, lanjutnya, saat ini beberapa orang menyiapakan sejumlah syarat seperti beberapa dokumen termasuk mengidentifikasi yayasan pemerintah daerah yang akan berkerjasama dengan Dirjen Diktik agar lembaga pendidikan bisa segera berdiri. Dimana Pemkab PPU pada awal berdirinya pemerintahan pernah membentuk yayasan pengelola perguruan tinggi sehingga akan identifikasi kembali.

“Rencana kita ingin menghidupkan kembali yayasan pengelola perguruan tinggi bernama Yayasan Gerbang Sepadu yang dibentuk diawal berdirinya Pemerintahan PPU dengan ketua kalau tidak salah mantan Sekda PPU bapak Sutiman. Nah dari pada buat baru lebih baik gunakan yang sudah ada tinggal dikerjasamakan Dirjen Dikti saja,” pungkasnya.(nav/nk)

NK:

Berita Popular

To Top