ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Peran Pelatihan Optimalkan Prestasi Olahraga di PPU

PENAJAM (NK) – Seiring dengan program Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi dan Sumber Daya Manusia, maka pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan salah satu yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten PPU.

Hal ini disampaikan BUpati PPU H Abdul Gafur Mas’ud pada pembukaan penataran pelatih Voli, diaula Hotel Aqila Nipah nipah PPU, Senin (12/10/2020).

“Termasuk juga, kegiatan pelatihan maupun penataran bagi para pelatih, seperti yang kita laksanakan saat ini. Hal ini perlu dilakukan karena peningkatan prestasi olahraga tidak hanya dilakukan oleh para atlet saja akan tetapi peran wasit dan pelatih juga dapat menentukan berkembangnya prestasi olahraga di daerah,” terang Bupati.

Menurutnya, pelatih sangat berperan penting pada saat proses latihan untuk mengoptimalkan semua kemampuan atletnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pencapaian prestasi dicabang bola voli, salah satunya adalah penyusunan program latihan.

“Dengan menyusun program latihan yang baik, maka tujuan latihan bisa dicapai secara maksimal dan sesuai target. Keberhasilan sebuah tim juga sangat di pengaruhi oleh kemampuan pelatih mengelola proses latihan, untuk itu program latihan yang telah disusun harus diterapkan secara cermat dan tepat sesuai dengan periodisasi latihan yang telah ditentukan,” tegas Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten PPU Alimuddin melaporkan bahwa pelatihan tersebut merupakan bagian dari sekian kegiatan keolahragaan di Dinas Pendidikan, Pemumuda dan olahraga, ia juga melaporka bahwa dengan kondisi covid-19 jumlah peserta pelatihan dibatasi dan dilaksanakan di dalam ruangan, namun tidak mengurangi semangat untuk berkativitas dan berkreatifitas.

Alimuddin melaporkan, peserta pelatihan terdiri 27 orang, semua dari pendidik atau guru, mereka guru di sekola dasar dan SMP, kegiatan belajar mengajar mereka saat ini dilaksanakan seadanya seiring pandemic masih menghawatirkan, tujuan platihan ini diselenggarakan agar anak anak dibawah binaan mereka nantinya mampu untuk bermain voli dengan baik dan benar.

“Begitu teman teman guru ini telah mendapatkan pelatihan, setidaknya mereka lebih sadar bahwa selama ini masih tersimpan beberapa kesalahan dalam melatih anak didik, pelatihan ini terlaksana juga berkat dukungan bupati terhdap kegiatan olahraga sekaligus memperiapkan dan menggali bakat atlet-altlet olahraga kita dalam rangka mempersiapkan generasi dan sumberdaya manusia dibidang olahraga dalam menyambut Ibukota Negara (IKN), karena menurut informasi di 2026 PPU siap menjadi Tuan rumah Porprov,” tutup Alimuddin (nk/nav)

Berita Popular

To Top