ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Perencanaan Daerah di PPU Perlu Data Akurat dan Akuntabel


PENAJAM (NK) – Dalam pross pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam hal perencanaan daerah diperlukan data akurat dan akuntabel, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar dan sukses sesuai harapan.

Demikian dikatakan, Asisten III Administrasi Umum Setkab PPU, Alimuddin, Kamis (25/7/2019), saat membacakan sambutan Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud pada pembukaan kegiatan Focus Group Dicussion (FGD) PPU dalam angka 2019, bertema Good Planning Begins With Data diselengarakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten PPU.

Mulai saat ini kita harus bersama-sama untuk menuju satu langkah atau tahapan di dalam proses pembangunan di daerah kita, yaitu mempersiapkan data-data dalam pembangunan di wilayah kabupaten PPU,” ujarnya.

Menuruntya, selama ini pihaknya menyadari bahwa apa yang dihasilkan dalam beberapa kegiatan, misalnya berupa data-data baik sifatnya statistik sektoral, maupun dasar akan berselancar kemana dan dimana sehingga data itu dibutuhkan.

Ditambahkannya, siapapun yang dapat mengakses data pihaknya, terlebih lagi, pemerintah daerah, stakeholder pemangku dan pembuat kebijakan serta pembuat perencanaan daerah, data merupakan kebutuhan yang sangat penting, maka harus ditangani dengan serius, saat ini peranannya pun dituntut untuk selalu up-date, akurat dan mudah diakses oleh publik.

Ia menambahkan, data memegang peranan penting dalam seluruh sektor kehidupan  manusia,  termasuk dalam  pembangunan bangsa, negara dan daerah, khususnya di Kabupaten PPU, dalam pembangunan data  memiliki beberapa fungsi  yang sangat strategis.

Diantaranya, lanjutnya, untuk membuat keputusan, sebagai dasar suatu perencanaan, sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan atau implementasi suatu aktivitas serta sebagai dasar evaluasi terhadap suatu kegiatan. Hanya saja seringkali ditemukan, data yang disajikan  ke publik khususnya dalam  pembangunan baik nasional maupun  daerah, terdiri dari banyak versi  dari berbagai sumber yang kadang diragukan keakuratan dan kevalidannya.

Padahal, jelasnya, dalam konteks pembangunan yang akuntabel, akurasi dan validitas data mutlak diperlukan, untuk itu dalam mewujudkan pembangunan yang  baik, akuntabel dan berkesinambungan  sesuai dengan cita-cita dan harapan masyarakat, diperlukan satu data dalam pembangunan. Satu  data ini  sangat penting karena akan menjadi  dasar dan bahan pertimbangan pemerintah atau stakeholder dalam mengambil suatu keputusan atau kebijakan.

“Saya menghimbau kepada seluruh pihak khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki tugas sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional, untuk bersama-sama mendukung terwujudnya Kabupaten PPU yang Maju, Modern dan Religius dengan menyediakan data-data pembangunan yang valid dan akurat.

Ia berharap, kedepan perencanaan pembangunan yang berkualitas dan pengendalian pembangunan yang efektif segera dapat diwujudkan dengan pengelolaan data pembangunan daerah yang akurat, mutakhir, terintegrasi, lengkap, akuntabel, dinamis, handal, sahih, mudah diakses dan berkelanjutan.

Pada kesempatan sama, Ketua Panitia penyelenggara, H Lili Ridwan menerangkan, Forum Discussion dan Publikasi PPU Dalam angka 2019 ini merupakan langkah awal untuk menghasilkan publikasi yang berkualitas, nantinya akan membantu pemerintah derah sebagai data perencanaan pembangunan tepat sasaran.

“Selain itu, juga dapat menjawab permasalahan daerah yang memerlukan data berkualitas, akurat, lengkap, relevan berkesinambungan dan terkini,  bersumber dari berbagai instansi, sebagai peningkatan mutu statistic dan desiminasi Publik sebagai acuan berbagai instansi dalam merumuskan perencanaan pengambilan kebijakan pembangunan,”tutupnya. (humas8/nk/nav)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top