ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Pererat Silahturahmi, Kesbangpol Gelar Pertemuan Dengan Orkemas se PPU

Jalannya pertemuan silahturahmi antara jajaran Badan Kesbangpol dengan perwakilan Orkemas se PPU

PENAJAM (NK) – Dalam rangka mempererat tali silahturahmi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (7/8/2019) menggelar pertemuan dengan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan (Orkemas).

Kegiatan yang digelar di Kantor Badan Kesbangpol tersebut, dipimpin Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol, Agus dihadiri sekteratis Badan (Sekban) Kesbangpol, Ramlie sejumlah pejabat lingkungan Kesbangpol, Sekjen MPC Pemuda Pancasila (PP), H. Arfan, Sekjen DPC Laskar Merah Putih (LMP), Samsul Huda, Ketua DPC Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak), Sahran, Ketua DPC Gerakan Putra Asli Kalimantan (Gepak), Hariono, Ketua bidang Kepemudaan Lembaga Adat Paser (LAP) PPU, Eko Supriyadi, Divisi Humas DPC Gerakan Pemuda Suku Asli Kalimantan (Gardasikat) PPU, Anto.

Diawal kegiatan Sekban juga bertindak sebagai moderator  menjelaskan, agenda kegiatan pada hari ini adalah perkenalan sekaligus silaturahmi antara Ormas dengan Kaban Kesbangpol PPU yang baru saja dilantik oleh Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud (AGM).

“Kami menginginkan Kesbangpol dapat diberikan optimalisasi kelembagaan khususnya dalam pemberdayaan dan pembinaan Ormas di PPU,”ujarnya.

Sementara itu arahan Kaban Kesbangpol PPU, Agus menuturkan, pemerintah mempunyai kewajiban salah satu tentang pembinaan kepada Orkemas di daerah, sehingga perlu ada koordinasi yang baik antara Kesbangpol dengan Orkemas.

Silaturahmi ini antara lain menindaklanjuti perintah bapak bupati, agar Ormas dapat bersama – sama menjaga keamanan ketertiban di PPU,”terangnya.

Ia berharap, kedepan antara Kesbangpol dan Ormas tumbuh rasa keterikatan dan pihaknya berusaha menjebatani masukkan yang diberikan dalam rangka menciptakan situasi kondusivitas di PPU.

Dikesempatan kali ini, lanjut Agus, dirinya sebagai wakil pemerintah di badan  Kesbangpol memohon maaf apabila selama ini pemerintah belum optimal melakukan pembinaan kepada Ormas.

Ia mengakui kegiatan seperti ini menurut informasi yang didapatnya baru pertama kali dilaksanakan selama Kesbangpol berdiri, oleh karena itu kedepan kegiatan serupa  dijadikan sebagai agenda kegiatan pihaknya.

Selain itu, lanjutnya, di harapkan kedepan Ormas di PPU senantiasa bertindak mengikuti ketentuan Perundang – undangan  yang berlaku. Dimana terkait  Ormas telah secara jelas diatur dalam UU yang beberapa kali mengalami perubahan peraturan dari UU Nomor 17 tahun 2013 hingga UU Nomor 16 tahun 2017 tentang Orkemas.

“Kami menginginkan Ormas dapat berpartisipasi aktif dalam kemajuan PPU kedepannya. Pertemuan ini selain dijadikan ajang silaturahmi juga dapat dijadikan sebagai wadah mendengar segala masukkan dari rekan – rekan Ormas yang hadir,”tuturnya.

Menanggapi masukkan dan aspirasi perwakilan Orkemas, Agus mengatakan seluruh perwakilan Orkemas telah menyepakati sejumlah poin. Adapun kesempatan itu, yakni semua aspirasi yang disampaikan pada forum itu akan diteruskan kepada pimpinan atau kepala daerah dalam hal ini bupati PPU .

Kemudian tambahnya, disepakati kedepan akan diintensifkan komunikasi yang baik antara Kesbangpol dan Ormas dengan mengagendakan pertemuan rutin setiap bulannya. Seluruh peserta juga sepakat agar segala permasalahan yang akan timbul terkait Ormas agar dapat dikomunikasikan sebelumnya kepada pemerintah dalam hal ini Kesbangpol.

Dibeberkannya, semua perwakilan Ormas yang hadir juga bersepakat menjaga kondusifitas di PPU sedangkan pemerintah dalam hal ini Kesbangpol berusaha menjembatani dan mengagendakan pertemuan antara Ormas dengan Kepala Daerah dalam upaya bersama – sama mensukseskan pembangunan di PPU.

“Kami (Kesbangpol) kedepan mengusahakan optimalisasi anggaran khususnya dalam hal pemberdayaan Ormas dengan kegiatan pelatihan kerja,”pungkasnya.(kbp/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top