Peringati HUT Damkar ke 99, Ini Pesan Sekkab PPU

Hut Damkar ke 99 tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten PPU dilaksanakan upacara dan pertunjukan penyemprotan air oleh mobil Damkar milik Pemkab dan PT Pertamina

PENAJAM (NK) –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU)  gelar upacara dalam rangka memperingati Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-99 yang jatuh pada 1 Maret 2018, Selasa, (6/3) kemarin.

Upacara ini dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) PPU, Tohar, dilaksanakan di halaman depan Kantor Bupati PPU. Usai pelaksanaan upacara, personil Damkar PPU juga menggelar berbagai peragaan mobil damkar milik Pemda PPU dibantu Damkar milik PT. Pertamina.

Damkar mampu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman khususnya kejadian kebakaran. Demikian dikatakan Tohar,  saat membacakan sambutan resmi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Thahjo Kumolo.

Hal tersebut kata dia, merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat sesuai dengan amanah Nawacita pertama, yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

“Dalam kesempatan baik ini, saya mengajak seluruh jajaran Damkar se-Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Tohar di hadapan peserta upacara yang meliputi para personil  Damkar Pemkab PPU, personil Damker PT. Pertanima serta puluhan ASN dan THL dilingkungan Setkab PPU.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa upacara ini tidak hanya mengenang peristiwa tahun 1919 lalu yakni masyarakat batavia yang memberi peghargaan berupa prasasti atas perjuangan memadamkan kebakaran besar di Jatinegara Jakarta. Karenanya, Tohar berharap Kedepannya seluruh pengambil kebijakan baik eksekutif maupun legislatif untuk bersama-sama mengambil langkah kebijakan optimalisasi anggaran bagi pemadam kebakaran.

“Saya berharap kepada seluruh pengambil kebijakan, baik eksekutif maupun legislatif untuk bersama-sama mengambil langkah kebijakan optimalisasi penyelenggaraan urusan kebakaran, pertama melalui menetapkan alokasi anggaran yang memadai bagi penyelenggaraan urusan kebakaran dalam APBD, menetapkan kelembagaan yang mewadahi urusan kebakaran sebagai sebuah dinas yang mandiri, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan serta melakukan penguatan kerangka regulasi dalam bentuk penyusunan peraturan daerah dan/atau peraturan kepala daerah tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran, “jelasnya.

Dalam kesempatan itu Tohar juga mengucapkan selamat kepada Damkar khususnya di PPU yang tengah merayakan HUT nya ke 99 tersebut.

“Selamat ulang tahun kepada Damkar PPU yang ke 99 tahun, terus tingkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan guna perlindungan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan negara ini,” tuturnya. (Humas6/ervan/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.