ADVERTORIAL - PARLEMENTARIADiskominfo Kaltim - Pemprov KaltimPolitikSamarinda

Pilkada Serentak di Kaltim Berjalan Aman dan Lancar

SAMARINDA (NK) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 di Provinsi Kaltim dilaporkan berjalan aman dan lancar tanpa gangguan berarti. Hal tersebut terungkap saat video conference antara Sekretaris Kesbangpol Kaltim dengan sejumlah pemangku kepentingan bersama Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Ruang HoB Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (9/12/2020).

Mewakili Kesbangpol Kaltim, Sidik mengungkapkan, kondisi pelaksanaan Pilkada Serentak di seluruh Kaltim hingga 9 Desember 2020 pagi berlangsung aman dan tertib.

“Alhamdulillah (Pilkada di seluruh Kaltim) berlangsung aman dan tertib. Semoga sampai pasca Pilkada tetap kondusif,” harap Sidik.

Sidik yang menjadi wakil Kesbangpol menjelaskan, Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Wagub Hadi Mulyadi serta jajaran Forkopimda langsung melakukan pemantauan ke beberapa Tempat Pemungutan Suara di Samarinda dan Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Sementara itu, didampingi istri Hj Norbaiti, Gubernur Kaltim Isran Noor memilih berjalan kaki dari rumah pribadi di Jalan Adipura menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) 26 di SMA Negeri 8 Samarinda Jalan Untung Suropati, Sungai Kunjang, untuk menggunakan hak.

Mengenakan kemeja batik putih bercorak coklat, Isran dan istri disambut petugas yang memakai APD (Alat Pelindung Diri). Setelah dicek suhu tubuh dan menyerahkan undangan pemilih, keduanya mengikuti tahapan pemungutan suara sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi didampingi istri saat menyalurkan haknya dalam Pilkada di di TPS 03 Jalan Juanda 7 Kelurahan Air Hitam Kecamatan Samarinda Ulu

Isran Noor memuji petugas TPS 26 yang mengenakan APD sebagai standar keamanan, disamping telah disediakan wadah pencuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan dan telah dilakukan pengecekan suhu tubuh pemilih.

“Bener aja sudah itu. Masuknya sudah dicek suhu tubuh, ditambah cuci tangan, ditambah sarung tangan. Itu sudah cukup,” ucap Isran Noor mengomentari protokol kesehatan yang dijalankan petugas PPS 28 ini.

Menurutnya, sampai dengan hari pemungutan suara pada Rabu, 9 Desember 2020, tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kaltim, khususnya Samarinda berjalan dengan baik. Koordinasi juga terus dilakukan dengan kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak.

“Mudahan dalam perhitungan suara nanti hingga selesai semua berjalan lancar. Kita jaga Kaltim agar tetap aman dan kondusif,” harap Isran.
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, didampingi istri Hj Erni Makmur bersama anak mereka Muhammad Ibrahim Khalil, hadir didi TPS 03, tepat pukul 08.17 Wita, untuk menyalurkan hak suaranya.

Pada TPS 03 beralamat di Jalan Juanda 7 Kelurahan Air Hitam Kecamatan Samarinda Ulu, memiliki jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 430 jiwa terdiri laki-laki 205 jiwa dan perempuan 225 jiwa.

Usai menyalurkan hak suaranya, Wagub mengingatkan masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Selain menjaga jarak, tetap kenakan masker dan mencuci tangan. Jangan berkerumun dan jangan lupa juga jaga kesehatan,” ucap Hadi. (YUN)