HEADLINE

Pipanisasi di Babulu Rampung Awal Desember 2016

Dandim 0913/PPU, Letkol Czi Adi Suryanto

PENAJAM(NK)- Program pemerintah pusat dari kementerian pertanian RI yakni pembangunan pipanisasi sebagai jaringan pipa untuk irigasi pertanian di Kecamatan Babulu akan segera rampung sesuat tagert pengerjaan yakni pada 6 Desember 2016 mendatang. Hal tersebut diaungkapkan Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Czi Adi Suryanto. Kamis, (24/11/2016)

Adi Suryanto mengatakan, untukl pendampingan pipanisasi tersebut dilakukan oleh Petani Pengelola Pengguna Air (P3A). dirinya menjelaskan, program pipanisasi tersebut beberapa waktu lalu telah ditinjau oleh Direktorat Jenderal Prasarana dan sarana pertanian (Ditjen PSP) Kementrian Pertanian RI guna melihat progress pengerjaan dan kondisi pipanisasi.

“Pengerjaannya dimulai sejak Agustus 2016 lalu,”ujarnya saat ditemui di kantornya.

Ditambahkannya,  bentangan pipa yang dikerjakan memiliki panjang sekitar 8 Kilometer dari sungai Talake Kecamatan Longkali hingga ke Kecamatan Babulu dengan memakan anggaran sekitar 7,9 Miliar. Menurutnya, dari luas sawah di Kecamatan Babulu sekitar 8000 hektar, pipa tersebut dapat disalurkan dengan manajemen yang baik secara berkala ke tiap sawah.

Pipa itu digunakan saat menghadapi musim kemarau sebagai antisipasi akan kehabisan air,”tukasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya pipanisasi ini, para petani dapat memperluas tambah tanamnya, yang tadinya kemarau tidak bisa ditanami, jadi bisa ditanami Pasalnya, Pipanisasi tersebut muncul karena kebutuhan dari masyarakat itu sendiri.

“Ini bentuk perhatian berupa bantuan langsung dari pemerintah pusat, pemerintah daerah hanya mendorong dan memfasilitasi,”pungkasnya.

Sebelumnya, program pipanisasi tersebut telah di groundbreaking secara resmi oleh Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono pada Jumat, (1/7/2016) lalu.(kanda/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top