PKS, BM PAN dan Mahasiswa Unikarta Galang Dana Bencana Sulteng

Aksi Penggalangan dana bagi korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di provinsi Sulteng yang dilakukan PKS, BM PAN dan Mahasiswa Unikarta, sebagai bentuk kependulian terhadap sesama mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat kukar  

TENGGARONG (NK) – Sebagai bentuk kependulian terhadap korban bencana alam gempa dan tsunami di  Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Poso, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kutai Kartanegara (Kukar), DPD Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Kukar dan sejumlah mahasiswa Universitas Kukar (Unikarta), Senin (1/10/2018) menggelag penggalanan dana.

Aksi penggalangan dana tersebut dilakukan oleh PKS di Bundaran Jembatan Bongkok Jalan Mayjend.S.Parman Kota Tenggarong, sedangkan DPD BM PAN  di jalan K.H. Akhmad Muchsin Kelurahan Timbau Kota Tenggarong, sementara Mahasiswa Unikarta yang dimotori Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengambil lokasi jalan Danau Aji menuju  Jalan Gunung Kombeng Kampus Unikarta serta  dari arah jalan Gunung Gandek menuju arah Jalan. Sultan. A.M. Alimuddin.

Ketua DPD PKS Kukar, Suriadi disela – sela kegiatan kepada newskaltim.com mengatakan dalam aksi tersebut mereka mengerahkan sekitar 50 orang anggotanya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa kepedulian sosial terhadap sesama, utamanya bagi warga yang tertimpa musibah, seakan menjadi motto utama partai berlambang bulan sabit ini, didukung dengan solidaritas anggotanya yang selalu siap saat dibutuhkan di lapangan.

Diungkapkannya,  hampir tiap terjadi musibah bencana PKS Kukar turut andil dalam aksi menggalang bantuan, baik itu berupa dana tunai maupun bantuan berupa materil barang seperti biasanya langsung diantar ke tujuan, demikian itu jika ada akses menuju lokasi terjadinya bencana.

Biasanya kita kumpulin dulu dananya, berapa totalnya kemudian ada dua pilihan cara penyaluran, apakah kita transfer melalui posko PKS di lokasi, atau kita antarkan langsung ke lokasi, seperti gempa lombok kemarin, melalui tim kami di sini, kami berangkatkan langsung bersama bantuanya kepada para korban di lombok,”ujar Suriadi.

Hari ini, lanjutnya, adalah hari pertama aksi peduli bencana PKS dilakukan rencana akan dilangsungkan tiga hari berturut-turut. Di hari pertamai ini dana yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp3 juta.

Terpisah Sekjen DPD BM PAN Kukar, Zaidun Al-Sasaki kepada newskaltim menuturkan, dalam kegiatan itu PAN menurunkan sekitar 20 orang rekan anggota, aksi yang di mulai pada hari ini, rencananya di gelar selama tujuh hari kedepan.

Penyaluran dana yang terkumpul nantinya akan dirundingkan, apakah melalui transfer kepada anggota keluarga BM PAN di Palu atau melalui penyerahan bantuan dana ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB). Sementara ini, dana yang terkumpul belum bisa dirinci karena kegiatan masih berlangsung,”kata Zaidun.

Sementara itu, aksi mahasiswa Unikarta yang dimotori  HMI Cabang Kukar  juga tergabung diantaranya organisasi internal kampus Unikarta, Badan Eksekutif Mahasiswa – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM Febis), BEM  Fakultas Agama Islam (Fai), BEM Hukum dengan jumlah peserta aksi sekitar 40 lebih disebar di empat titik penjuru jalan seputar bundaran Unikarta.

Ketua Umum HMI Kukar, Halimatu, menyampaikan, aksi pada hari ini, akan dilanjutkan hingga dua hari kedepan. Dana yang berhasil dikumpulkan hari ini sebesar Rp.7.950,200 akan disalurkan melalui HMI Cabang Kota Palu kemudian diserahkan langsung kepada para korban bencana sebagian besar di Sulteng.

Kami mengharapkan kepada masyarakat Kukar khususnya masyarakat Tenggarong, agar bersedia menyisihkan sebagian rezekinya untuk saudara-saudara kita yang mengalami bencana alam di Sulteng dan tidak berdaya masih membutuhkan konstribusi obat-obatan serta makanan, kami ucapakan terima kasih kepada warga yang sudah peduli dengan aksi kami,”pungkas Halimatu.

Hal serupa dilakukan oleh PMII Cabang Kukar dengan titik kegiatan di lampu lalulintas jalan  S.Parman seputar jembatan besi diikuti sekitar 20 orang.

Melalui Koordinator aksi Aswindra Hidayat, menyampaikan aksi ini bertujuan menyalurkan bantuan dana kpada korban bencana.

Dana yang terkumpul akan kami salurkan melalui cabang PMII yang ada di Kota Palu dan Donggala, dana yang terkumpul pada hari ini berjumlah Rp4 juta,” tukasnya.

Untuk diketahui, gempa yang berkekuatan sebesar 7,7 SR dan menimbulkan bencana tsunamin beberapa hari lalu di Sulteng telah menelan banyak kerugian materil fasilitas bangunan vital warga serta menelan ribuan korban jiwa. Sementara seluruh korban sangat membutuhkan bantaun berupa pakaian, selimut, makanan serta kebutuhan utama lainnya.(mi/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.