Edukasi

PMI Berau Kembali Gelar Jumbara PMR

TANJUNG REDEB (NK) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau kembali menggelar kegiatan perkemahan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke-VI Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya dan Wira se-Kabupaten Berau tahun 2019 yang mengambil tempat di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb.

Upacara pembukaan yang digelar Rabu (18/12) dibuka oleh Ketua PMI Kabupaten Berau, H. Agus Tantomo dan dihadiri jajaran Pengurus PMI Kabupaten Berau, para staf, relawan dan tamu undangan dari beberapa instansi dan sekolah serta observer dari PMI Provinsi Kalimantan Timur.

Agus Tantomo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada SMPN 3 Tanjung Redeb yang sudah bersedia meminjamkan tempat dan fasilitasnya dalam kegiatan Jumbara ini. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus PMI Berau beserta staf dan relawan yang sudah bekerja keras merancang kegiatan ini, dan ini merupakan puncak dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan PMI Berau selama setahun ini,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus Tantomo mengatakan bahwa 2 hari yang lalu Jusuf Kalla kembali menjabat sebagai Ketua Umum PMI Pusat melalui Musyawarah Nasional. Ada satu hal yang bisa kita petik pelajaran, dimana Jusuf Kalla saat ini sudah berusia 78 tahun dan ia masih bersedia menjadi Ketua Umum PMI Pusat.

“Jadi itu menunjukan kepada kita semua bahwa yang namanya pengabdian kepada kemanusiaan itu tidak ada batas umur, orang bisa pensiun bekerja di perusahaan tapi di PMI tidak pernah pensiun dalam mengabdi kepada kemanusiaan. Apalagi para anggota PMR yang notabene masih sangat muda masa mau kalah dengan yang tua,” jelasnya.

Ketua PMI Kabupaten Berau, H. Agus Tantomo saat mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan anggota PMR yang mengikuti kegiatan Jumbara ke-VI  tahun 2019

Ketua PMI Kabupaten Berau, H. Agus Tantomo saat mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan anggota PMR yang mengikuti kegiatan Jumbara ke-VI tahun 2019

Dengan begitu para pelajar yang tergabung dalam unit PMR di sekolah agar bisa menunjukan bahwa tidak perlu menunggu tua untuk mengabdi kepada kemanusiaan. Dan, kegiatan Jumbara ini hendaknya dapat diambil manfaatnya oleh adik-adik PMR yang ikut serta.

“Jadi untuk para pelajar yang mengikuti kegiatan Jumbara ini, pasti kalian akan mendapatkan pelajaran yang tidak didapatkan selama belajar di sekolah dan saya berharap nanti para pelajar agar bisa mengikuti acara tersebut dengan benar karena banyak ilmu yang akan didapat,”pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Jumbara kali ini juga dilakukan dengan metode perkemahan yang akan menggelar berbagai macam lomba, diantaranya Travelling Kepalangmerahan, Majalah Dinding, Kreasi Limbah Plastik, Cerdas Cermat, Pentas Seni dan Olahraga Persahabatan. Selain itu ada pula penambahan wawasan diantaranya Lokakarya Remaja dengan materi Kesadaran Berlalu Lintas, Cegah Kekerasan Anak, Kunjungan ke Panti Asuhan dan Jalan Sehat Pungut Sampah. (PMI Berau/ets/nk)

Berita Popular

To Top