Polres PPU Gelar Simulasi Pengamanan dan Mekanisme Pemungutan Suara di TPS

Suasana kegiatan di Mapolres PPU


PENAJAM(NK) – Polres Penajam Paser Utara (PPU) gelar simulasi pencoblosan pemungutan suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang digelar di halaman Mapolres PPU, Rabu (17/1/2018).

Hadir dalam simulasi tersebut Wakapolres Kompol Nina Ike Herawati, komisioner KPUD Tono Sutrisno dan Irwan serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Penajam dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Nipah-Nipah.

Wakapolres PPU, Kompol Nina Ike Herawati mengatakan, simulasi pemungutan suara ini merupakan bagian persiapan Pilkada terutama untuk pengamanan di TPS. Nina menjelaskan dalam Pilkada nanti pengamanan akan dibagi di setiap TPS sesuai dengan tingkat kerawanan.

Untuk TPS tidak rawan lanjutnya, seorang polisi akan mengamankan untuk dua TPS, sementara untuk rawan tingkat pertama akan dikawal satu personel kemudian tingkat kedua akan disiapkan dua personel serta untuk kerawanan tingkat tiga akan diamankan tiga personel polisi.

Untuk titik TPS yang rawan, sampai sekarang belum diketahui karena masih menunggu dari KPU untuk TPS yang dianggap rawan,”ujarnya.

Nina mengatakan, simulasi ini merupakan hari kedua dalam rangka Lat Pra Ops Mantap Praja Madani 2018, di hari sebelumnya juga sudah diberikan secara teori kepada personil dengan menghadirkan Kejaksaan Negeri Penajam dan Panwaslu KPUD.

“Namun demikian dalam pilkada nanti pihaknya akan menyiapkan 300 personel polisi untuk melakukan pengamanan termasuk di TPS,”pungkasnya.(humaspolresppu/nk/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.