ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Pompa Intake Diganti, Produksi AIR WTP Lawe – Lawe Meningkat

PENAJAM (NK) – Produksi air bersih di Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Lawe – Lawe milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Danum Taka (DT) Penajam Paser Utara (PPU) alami peningkatan.

Demikian dikatakan, Plt Direktur PDAM DT PPU, Ahmad Usman menuturkan, meskipun air baku di sungai Lawe – Lawe sedikit berkurang akibat kemarau, namun setelah dilakukan pembersihan di dalam WTP malah mengalami peningkatan produksi awalnya 50 liter per detik naik menjadi 63 liter per detik.

Minggu kemarin kami angkat pompa intakenya, resevoirnya kita bersihkan dan ganti pompa baru,  produksi air menjadi naik 63 liter perdetik dari biasanya 50 liter per detik,”katanya.

Ia menambahkan, dengan kondisi air baku yang biasa saja dan cenderung menurun setelah dilakukan pembersihan reservor dan diganti pompa intakenya justru produksi airnya meningkat.

Namun, akunya, saat ini kondisi WTP di Sotek gantung pipa intakenya dan pihaknya akan melakukan pengecekan lapangan.

Menurutnya, ketinggian air di sungai Lawe – Lawe sebagai sumber utama air baku di WTP tersebut dinilai masih normal hanya dibawah dua meter mengalami penurunan, tetapi dengan upaya yang dilakukan pihaknya terhadap pompa intake dan pembersihan tadi malah meningkat produksi air di WTP itu.

“Pompa intake yang lama dan telah berusai tiga tahun kita gantikan dengan yang baru sehingga kerjanya makin maksimal lagi untuk memproduksi air hanya satu pompa mampu produksi 63 liter jika ditambah 20 liter lagi menjadi 83 liter per detik produksi airnya,”urainya.

Ia menilai, kondisi air baku tersebut dapat bertahan lama karena pihaknya telah menambah ketinggian bibir sungai sehingga air baku yang tertampung semakin tinggi dan distribusi air dapat berjalan dengan baik.

“Dengan kondisi air baku yang normal dan produski yang meningkat tentu akan membuat distribusi air kepada pelanggan menjadi baik pula,”pungkas Usman.(nav/nk)

Berita Popular

To Top