ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

PPU Didaulat Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Nusantara Tahun 2020

Bupati PPU, AGM saat mengusulkan tiga tempat disiapkan untuk kegiatan Hari Nasional tahun 2020 dihadapan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Safri Burhanudin dan undangan lain

BALIKPAPAN (NK) – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Kamis (8/10/2020) di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, menggelar rapat kesiapan  Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagai tuan rumah pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2020.

Rapat ini dibuka langsung Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Safri Burhanudin didampingi Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM), Kepala Dinas Perikanan Andi Trasodiharto, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Andi Israwati, dan Jajaran TNI Angkatan Laut serta Udara.

Dalam sambutannya Safri Burhanudin mengatakan, pelaksanaan peringatan Hari Nusantara Tahun 2020 akan dilaksanakan pada 13 Desember 2020 mendatang bertepatan pada hari Minggu. Kegiatan ini akan dilaksanakan memalui aplikasi daring zoom serta dipublikasikan secara nasional dan Kabupaten PPU akan menjadi tuan rumah.

Lanjutnya, dihari puncak nanti jika rangkaian itu dibuka dari jam 10.00, maka harus memulai rangkaian tersebut lebih awal. Agar masyarakat bisa melihat rangkaian kegiatan peringatan Hari Nusantara tersebut.

“Bukan pas jam puncaknya tetapi sebelumnya, karena biasanya ketika kita masuk aplikasi daring zoom 10 menit sebelumnya, maka akan kita buka 1 jam sebelum acara. Dan agar nantinya masyarakat dapat mengikuti kegiatan itu, kita bisa bantu agar masyarakat bisa mengikuti secara langsung,” ucap Safri.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di PPU, AGM mengusulkan, ada tiga tempat yang akan disiapkan antara lain untuk wilayah pesisir ada Pantai Sipakario yang terletak di kilometer 6 Kelurahan Nipah-nipah, lalu Pantai Corong di Kelurahan Tanjung Tengah serta Pelabuhan Benuo Taka Kelurahan Buluminung Kecamatan Penajam.

Tambahnya, jika nantinya akan ada aksi semi militer dari TNI Angkatan Laut dan Udara untuk memperingati Hari Nusantara tahun 2020, lebih baik nantinya lokasi di Pelabuhan Benuo Taka. Karena kawasan tersebut jauh dari pemukiman warga.

Lanjut AGM, setidaknya lebih aman karena jauh dari pemukiman warga, jika sudah semi militer harus dikondisikan dari segi kawasan hingga penduduknya agar rangkaian acara tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan.

“Jika nanti sudah dipastikan tempatnya dibeberapa titik, nantinya dari Pemerintah Penajam Paser Utara akan menyiapkan semua dari rangkaian acara hingga tempat pelaksanaannya,” tutupnya (DiskominfoPPU/nk)

Berita Popular

To Top