Prioritaskan Putra Daerah PT ABI Butuh 20 Ribu Orang Pekerja

Bupati PPU, H Yusran Aspar saat melakukan kunjungam ke lokasi pembangunan pabrik kertas milik PT ABI yang kelak jika beroperasi membutuhkan 20 ribu tenaga kerja

PENAJAM (NK) – PT Agra Bareksa Indonesia (ABI) yang merupakan sebuah pabrik Pulp And Paper atau pabrik kertas di wilayah Kawasan Industeri Buluminung (KIB) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini progres pembangunannya telah mencapai 80 hingga 85 persen. Setelah dilakukan Ground Breaking oleh Bupati PPU, Yusran Aspar pada awal 2017 lalu, satu di antara anak perusahaan Djarum Group yang diperkirakan bakal membutuhkan tenaga kerja mencapai 20 ribu orang ini dalam waktu dekat dipastikan akan beroperasi dan memprioritaskan putra daerah.

Ini merupakan salah satu bukti komitmen pemerintah daerah Kabupaten PPU dalam rangka mewujudkan pembangunan di daerah melalui insvestor yang masuk ke PPU. Setelah pelaksanaan Ground Breaking perusahaan ini lebih kurang setahun lalu, alhamdulillah kini pelaksanaan pembangunannya hampir selesai,”kata Bupati PPU, Yusran Aspar disela-sela kunjungannya ke perusahaan itu belum lama ini.

Seperti diketahui sebelumnya Bupati PPU Yusran Aspar disela-sela pelaksanaan Ground Breaking perusahaan ini mengatakan, dirinya sangat yakin dan memastikan pembangunan pabrik Pulp And Paper di Kabupaten PPU ini akan membawa kemajuan yang besar bagi daerah.

“Saya ingat betul ketika berkunjung ke Desa Palalawan Riau Sumatera. Disana ada sebuah desa yang dibangun sebuah perusahaan Pulp And Paper yang sama seperti PPU di wilayahnya. Kemudian dampaknya begitu besar bagi daerah itu jelas terlihat. Dalam beberapa tahun berikutnya, desa tersebut mampu menjadi sebuah kabupaten, begitu besar dampak positif yang ada,”kata Yusran Aspar.

Perusahaan ini, lanjutnya, akan membutuhkan tenaga kerja yang sangat besar yaitu mencapai 20 ribu tenaga kerja. Untuk memenuhi itu tentunya memprioritaskan putra-putra daerah didalamnya sesuai keahlian mereka yang dimiliki.

Yusran mengungkapkan, sangat menyambut baik atas keinginan PT ABI yang akan membangun pabrik pulp di Kawasan Industri Buluminung tersebut. Ditambah lagi, karena selain akan membangun pabrik juga akan membangun kereta api rel kereta api sebagai pengangkut bahan baku berupa kayu dengan nilai investasi mencapai Rp2 triliun.

“Kapasitas produksi diperkirakan mencapai Rp 1 juta ton/tahun. Ini merupakan produksi yang sangat besar sekali,”katanya.

Seperti diketahui rencananya PT Agra Bareksa tersebut juga akan menyiapkan dana sekitar Rp2 triliun untuk membangun pabrik pulp di Kawasan Industri Buluminung, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU. Selain itu, juga akan dibangun kereta api, rel kereta api sebagai angkutan penyuplai bahan baku dari hutan tanaman industri (HTI) menuju pabrik tersebut.

Untuk mengoperasikan perusahaan pulp ini, PT. Agra Bareksa rencananya akan menggandeng PT Fajar Surya Swadaya (FSS) yang juga merupakan anak perusahaan Djarum Group, yang akan memasok bahan baku kertas. Perusahaan ini memiliki areal 66.659 ha dan telah terdata menjadi anggota Asosiasi Perusahaan Hutan Indonesia (APHI) Kaltim.

Dalam kunjungannya ini, Bupati PPU juga didampingi oleh Dandim 0913 Letkol Imam Subagyo, Kejari PPU, Darfiah, SH, Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesra, Ahmad Usman, Kepala Bagian Pembangunan, Nico Herlambang, Kepala Bagian Pemerintahan, Sardi dan Kepala Bagian Humas Setkap PPU, Darmawan Isnaini. Dalam kunjungan ini, rombongan bupati diterima langsung oleh jajaran manajemen PT. ABI yang berada di KIB PPU. (Humas6/subur/ervan/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.