Program Ambulans Desa Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Program peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat  melalui pengadaan ambulans Desa dan Kelurahan se PPU Dinilai berhasil selama kepemimpinan Bupati H. Yusran Aspar

Yusran Aspar Berharap Program Ini Terus Dilanjutkan

PENAJAM (NK) –  Program peningkatan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat  melalui pengadaan ambulans Desa dan Kelurahan di Kabupaten  Penajam Paser Utara (PPU) adalah satu diantara program  unggulan  gagasan Bupati,  H. Yusran Aspar, yang langsung dirasakan oleh masyarakat PPU hingga saat ini.

Digagas sejak 2014 lalu  kini pengadaan ambulans bagi 30 desa yang ada di Kabupaten PPU itu manfaatnya begitu  besar dirasakan oleh masyarakat hingga pelosok Desa. Program  pengadaan mobil ambulan ini digagas memang  bertujuan untuk meberikan pelayanan prima khususnya untuk memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat  agar cepat mendapatkan penanganan dari puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Dulu ketika kita belum memiliki fasilitas ambulan Desa masyarakat merasa sangat kesulitan untuk memperoleh transportasi bagi pasien agar segera memperoleh penanganan, apa lagi ketika itu situasi sangat darurat sekali, seperti ketika terjadi kecelakaan di Desa, melahirkan dan sebagainya,” ungkap Bupati PPU, Yusran Aspar dalam satu kesempatan.

Tidak ingin melihat masyarakatnya kesulitan berkepanjangan, lantas mantan Anggota DPR RI ini kemudian menggagas program ambulan bagi 30 Desa yang ada di wilayahnya tersebut. Pengadaan dilakukan secara bertahab kini sebagian besar Desa yang ada di PPU telah memiliki fasilitas ini. Masyarakat pun merasa bersyukur kini pelayanan kesehatan yang dibutukan telah terpenuhi dan bermanfaat hingga sekarang.

 “Kami berharap program ini dapat dilanjutkan  kepemimpinan selanjutnya di Kabupaten PPU. Paling tidak saat ini program unggulan itu sudah ada,  tinggal bagaimana kepemimpinan yang baru dapat lebih memajukan program tersebut, misalkan menambah fasilitas mobil ambulans dimasing-masing Desa, meningkatkan fasilitas  pelayanannya dan sebagainya, “ pinta Yusran Aspar belum lama ini.

Menurutnya, pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan yang memang harus diutamakan bagi masyarakat. Karena memang hal-hal yang menyangkut pelayanan menurutnya harus selalu diprioritaskan dan didahulukan salah satunya pengadaan fasilitas ambulan desa tersebut dianggap sangat penting dan prioritas.

Sementara untuk pemeliharaan mobil mabulans itu, Yusran menuturkan, menjadi tanggung jawab kepala desa/lurah. Jadi, setiap warga yang mau berobat di rumah sakit umum maupun di puskesmas bisa menggunakan mobil ambulans tersebut. Semua memang digagas untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Desa.

“Warga cukup memberitahu kepada kepala desa/lurah, bahwa ada warga yang sakit mau dibawa ke puskesmas atau ke RSUD, pemerintah desa/kelurahan bisa langsung memerintahkan sopir ambulans untuk mengantar warga yang sakit itu,” tuturnya.(Humas6/nav/nk).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.