Program BPNT di PPU Dimulai Tahun 2019

Rasta bantuan pemerintah ini, kelak didapatkan oleh masyarakat penerima manfaat dengan menggunakan kartu atau kupon belanja non tunai

Bagenda Ali : Ada 9.565 KPM Penerima Rastra di PPU

PENAJAM (NK) – Pelaksanaan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) baru dimulai pada tahun 2019 depan. Demikian dikatakan, Kabid Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial PPU, Bagenda Ali, kepada newskaltim.com, Senin (14/8/2018)

Program BNPT itu baru mulai dilaksanakan di PPU pada tahun 2019 depan. Dimana sebelumnya PPU masih menerapkan Program Beras Sejahtera (Rasta) yang dibagikan sebanyak 10 kilogram per Keluarga Penerima Manfaat (KPM),”ujarnya.

Dibeberkannya, penerapan program BPNT di PPU tahun 2019 tersebut yakni berupa pembagian kupon belanja berbentuk kartu kepada keluarga kurang mampu, dan pelaksanaannya bekerja sama dengan salah satu perbankan yang beroperasi di PPU, namun hingga kini pihaknya belum mengetahui bank mana yang ditunjuk oleh pemerintah pusat nanti.

Untuk diketahui, lanjutnya, dalam rangka mempersiapkan program BPNT itu kepada masyarakat selaku KPM di PPU, maka Dinsos bakal melakukan verifikasi dan validasi jumlah KPM yang ada.

“Saat ini ada sebanyak 9.565 KPM penerima rastra di PPU, selanjutnya akan diverifikasi dan validasi ulang untuk memastikan program bantuan sosial tersebut tepat sasaran atau benar-benar diterima masyarakat yang membutuhkannya,”tegas Bagenda Ali.

Ia menambahkan, program BPNT berupa pemberian kupon belanja berbentuk kartu kepada keluarga kurang mampu itu dapat diganti dengan pangan jika berbelanja di e-warung sebagai penyedia bahan pangan. Setiap KPM memperoleh kartu yang berisi uang nontunai sebesar Rp110.000 untuk berbelanja beras dan telur di e-warung tadi.

Di Kaltim, ungkap Begenda Ali, kabupaten dan kota yang telah menerapkan program BPNT antara lain Kota Samarinda, Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sementara tujuh daerah lainnya masih menerapkan program rasta.(id/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.