Ribuan Koi akan Serbu GOR Segiri Samarinda

SAMARINDA (NK) – Sebanyak seribu ikan Koi akan dibawa oleh pemiliknya memenuhi Gedung Olahraga Segiri Samarinda, Ahad, 5 September 2021 sejak pagi hingga sore. Tidak tanggung-tanggung, bukan saja Koi-Koi dari Samarinda dan Kalimantan Timur yang memenuhi GOR Segiri, tetapi Koi-Koi dari Banjarmasin, Yogjakarta, Bandung, dan Tulungagung juga akan turut warnai.

“Paling tidak ada seribu ikan koi akan penuhi GOR Segiri Samarinda, mereka yang dari luar kota sudah mulai berdatangan. Ini peluang warga kota Samarinda untuk bisa menikmati dari dekat bagaimana keindahan koi yang besar-besar. Dan ada sebagian yang didatangkan langsung dari Jepang”, ucap Harry Sivila, Ketua Panitia 1st Samarinda Young Koi Show 2021 saat ditemui media ini ditengah-tengah Persiapan pelaksanaan.

Menurut Herry Sevila, pelaksanaan 1st Samarinda Young Koi Show 2021 di Samarinda ini yang digelar oleh MHKC (Mahakam Koi Club) Samarinda-Tenggarong, adalah peluang emas bagi para penghobby ikan Koi yang ada di kota Samarinda dan Kota Tenggarong. “Even ini untuk memacu para penghobby koi agar bisa memiliki wawasan lebih luas bahwa banyak koi-koi yang sangat beraneka ragam”, jelasnya saat di damping Ivan Taufani, anggota panitia lainnya.

“Mudah-mudahan agenda acara ini menjadi bagian untuk meningkatkan gairah para petani ikan ataupun penghobi ikan koi di kota Samarinda dan Tenggarong lebih meningkatkan produktifitasnya,” ucapnya.

Sementara itu menurut Achen, salah satu juri traning koi nasional, didampingi Dedy SY, sebagai hanler mengatakan dalam pelaksanaan nanti ada beberapa kriteria yang dilombakan, antara lain dari warna, bodyshape, degradasi warna, pola, skin (kehalusan warna).

“Para juri akan berusaha seobyektif mungkin melakukan penilaian dalam even ini. Karena selain dari juri-juri training yang dari Samarinda, diperkuat juga juri dari Balikpapan 1 orang, dari Banjarmasin 1 orang dan dari dari APKI (Asosiasi Pecinta Koi Indonesia) ada dua orang.

Acara yang akan digelar selama 1 hari full ini rencananya pagi pukul 09.00 akan dibuka oleh Walikota Samarinda, H. Andi Harun, dan sorenya akan di tutup oleh wakil walikota Samarinda, sangat ketat dalam penerapan Prokes.

“Aven ini gratis, bagi siapa saja boleh menyaksikan, Cuma ada syaratnya, yaitu harus memperlihatkann sertifikat vaksin covid-19, minimal dosis pertama, demikian juga dengan peserta”, jelas Achen. (*/nk1)