ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Sebanyak 11 Warga PPU Positif Corona, 20 ODP dan Delapan PDP

dr. Arnold Wayong

PENAJAM (NK) – Jumlah warga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terkonfirmasi positif virus corona atau COVID-19 total menjadi 11 orang, 20  Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan delapan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Demikian dikatakan, Juru Bicara Pemerintah Kabupaten PPU terkait penanganan COVID-19, dr. Arnold Wayong, kepada newskaltim, Minggu (19/4) di Penajam.

“Awalnya hanya empat orang terkonfirmasi positif,  namun Sabtu (18/4) terdapat penambahan tujuh orang sehingga total 11 orang positif, kemudian untuk ODP awalnya 21 orang namun berubah menjadi 20 karena ada tiga ODP yang jadi PDP namun ada masuk dua ODP baru, tiga ODP beralih status itu menambah jumlah PDP tadinya hanya lima sekarang jadi delapan kasus,” ujarnya.

Dibeberkannya, 11 orang positif corona tersebut, semuanya merupakan jemaah Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, atau disebut klaster Gowa, sedangkan untuk tambahan tiga PDP dua orang diantaranya adalah klaster Gowa satu orang lagi merupakan ODP yang memiliki gejala akibat kontak dengan salah satu pasein positif.

“Kalau yang dua ODP baru diduga sempat bepergian ke daerah pusat penyebaran virus corona atau pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif corona, namun belum menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas, tetapi belum dinyatakan positif karena hasil swabnya belum ada,” katanya.

Dituturkannya, karena ada penambahan tiga orang PDP maka per hari ini jumlah kasus PDP mencapai sebanyak 19 kasus terdiri dari konfirmasi swab positif 11 kasus, proses pengawasan dua kasus, konfirmasi swab pertama negatif tujuh orang satu diantara pengambilan spesimen di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)

Saat ini, lanjutnya, kondisi 11 pasein positif dalam keadaan stabil, sedangkan seluruh PDP termasuk pasien positif,  kini telah menjalani isolai di RSUD Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU. Sementara itu, sejak ada penambahan dua ODP baru, maka jumlah total ODP di PPU menjadi 157 Kasus terdiri dari proses pemantauan 20 dan selesai pemantauan sebanyak 137 orang.

Arnold menambahkan, sekarang total kasus corona yang ditangani pihaknya mencapai 176 kasus terdiri dari pasein positif corona, PDP, ODP dan ODP yang telah selesain pemantauan dimana ada enam orang yang hasil swabnya dinyatakan negatif.

“Kita berharap semua pasien sembuh dari paparan corona itu, sehingga PPU bisa terlepas dari COVID-19,” pungkasnya.(nav/nk)

Berita Popular

To Top