ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Sembilan Pasien Positif COVID-19 di PPU Sembuh

dr. Arnold Wayong

PENAJAM (NK) – Sembilan Pasien Positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dinyatakan sembuh sehingga kini jumlah yang masih menjalani perawatan dari corona tersisa sembilan orang lagi. Demikian dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU dr. Arnold Wayong kepada newskaltim, Jumat (15/5/2020) di Penajam.

“Jumlah pasien sembuh itu bertambah setelah hari Rabu 13 Mei lalu berdasarkan hasil pemeriksaan PCR. Dari 10 Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU ada satu orang lagi yang dinyatakan sembuh sehingga kini total ada sembilan pasien sembuh di PPU,” ujarnya

Lebih lanjut dia menerangkan, sejak sembilan pasien mengalami kesembuhan dengan demikian tinggal 9 lagi pasien positif COVID-19 yang masih jalani perawatan di ruang isolasi RAPB, sebab total pasien sebelumnya ada 18 orang.

“Terakhir, pasien sembuh berasal dari klaster Gowa, berjenis kelamin pria dengan usia 43 tahun, dari Desa Labangka RT. 9 Kecamatan Babulu,” tuturnya.

Pasien tersebut, lanjutnya,  dirawat di rumah sakit sejak 4 April 2020, setelah rapid testnya dinyatakan reaktif virus corona dan dilanjutkan dengan pengambilan swab pada 17 April dengan hasil terkonfirmasi positif COVID-19.

Dia menerangkan, berdasarkan laporan dari dokter penanggung jawab pasien sembuh dengan inisial PPU 07 itu dinyatakan sembuh setelah mendapatkan negatif dua kali dari hasil pemeriksaan PCR. Tak hanya itu kondisi pasien juga stabil dan sangat baik. Hingga Jumat ini perkembangan kasus COVID-19 di PPU alami penambahan satu pasien positif dari klaster Gowa dan pasien tersebut juga masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP), sementara orang dalam pemantauan (ODP) tak alami penambahan.

“Meskipun jumlah kasus positif berkurang kami tetap mengimbau masyarakat tetap tinggal di rumah, pakai masker saat di luar, hindari kerumunan, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU menyiapkan bilik sterilisasi yang akan diletakkan di beberapa titik. Total bilik sterilisasi yang dipesan itu ada 104 dan baru tiba 56 bilik. Sisanya masih dalam perjalanan dan dalam pekan ini segera digunakan. Meski demikian, pemasangan dan instalasi bilik tersebut sempat terkendala, karena harus menunggu teknisi yang didatangkan dari Surabaya.

“Bilik disinfektan ini merupakan salah satu cara memutus penyebaran COVID-19 dengan cara mensterilkan virus dan kuman yang terbawa di baju,” pungkasnya. (nav/nk)

Berita Popular

To Top