Sukseskan Pemilu 2019, KPU Laksanakan Deklarasi Kampanye Damai

Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi memimpin pembacaan naskah deklarasi kampanye damai pemilu 2019 diikuti seluruh perwakilan Parpol peserta pemilu tahun depan

AGM : Pilkada Telah Selesai,  Kami mengajak dan Menyerukan Pertandingan Selesai

PENAJAM (NK) – Dalam rangka untuk mensuskseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2019, Rabu (26/9/2018), Komisi Pemilih Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menggelar Deklarasi Kampanye Pemilu Damai Pemilu 2019 bertempat di aula pertemuan KPU PPU.

Kegiatan dibuka Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi, dihadiri, Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud, Ketua DPRD, Nanang Ali, Wabup H. Hamdam, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, Kapolres, AKBP Sabil Umar, Kepala Kejaksaan Negeri, Darfiah, Ketua Bawaslu, Edwin Irawan, para komisioner KPU, Bawaslu, anggota PPK, perwakilan Parpol dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Feri mengatakan, kegiatan Deklarasi Kampanye yang digelar ini merupakan rangkaian kegiatan KPU RI dengan taqline Pemilih Berdaulat, Negara Kuat. Ia menambahkan, tahapan kampanye sudah dibuka pada 23 September 2018 kemarin hingga 13 April 2019 mendatang, sehingga waktunya cukup lama.

“Untuk diketahui, partisipasi masyarakat pada Pilkada tahun  2018 di PPU cukup tinggi bahkan tertinggi di Provinsi Kaltim yaitu  mencapai 70 persen lebih, harapannya dalam Pemilu tahun 2019 mendatang jumlah partisipasi juga tinggi,”ujarnya.

Ia menghimbau,  agar semua peserta pemilu 2018 dapat memfilter semua informasi-informasi khususnya pada berita yang ada di Medsos.

Mari laksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas sekali lagi tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang. Ketika, melaksanakan kampanye sesuai dengan peraturan UU yang berlaku,”sebut Fery.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya mengatakan, politik itu bukan suatu yang buruk, politik itu ibarat membawa diri, jadi tinggal dirinya sendiri mau membawanya kemana.

“Yah tinggal kita saja mau bawa kemana. Ke jalan  yang baik atau jalan buruk. Namun kita mencintai kebersamaan dan pastinya kita semua mencintai kedamaian,”katanya.

Ia berharap,  mari seluruh Parpol dan Calegnya  berkopentensi secara adil, jujur dan kepada KPU serta Baswaslu agar bersikap profesional.

“Sekali lagi kami selaku pemerintah akan selalu sinergi dengan Polisi dan TNI untuk menjaga keaman yang ada di PPU ini,”tegasnya.

Menurutnya, jika pemilu ini bisa damai maka akan melahirkan pemimpin yang berkualias dan memiliki integritas.

“Pilkada lalu telah selesai dan kami mengajak dan menyerukan bahwa pertandingan telah selesai. Mari mewujudkan PPU yang maju berlandaskan kebersamaan. Saya juga mengimbau untuk 2019 untuk berkompentensi secara adil dan jujur dan berharap KPU dan Bawaslu untuk bersikap profesional,”pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, masing – masing perwakilan Parpol membacakan Deklarasi kampanye damai pemilu tahun 2019 dipimpin ketua KPU PPU, adapun isi dekalrasi tersebut,  yakni, Kami peserta Pemilu tahun 2019, berjanji, pertama, mewujudkan Pemilu yang langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil, kedua,  melaksanakan kampanye pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang dan ketiga,  melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (yud/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.