HEADLINE

Suporter Minta Persiba Main di Stadion PPU

 

Stadion Benuo Taka Penajam kabupaten PPU, yang hingga kini dijadikan sebagai wadah olahraga inilah yang ditawarkan oleh Bupati PPU, H Yusran Aspar untuk Home Base sementara untuk Persiba karena dinilai layak dan tak kalah dengan daerah lain

 

Stadion Penajam Harus Penuhi Sejumlah Syarat

Newskaltim.com, PENAJAM – Suporter Fanatik (Balistik) Persatuan Sepak Bola Balikpapan (Persiba),  Masyarakat Balikpapan, pendukung bahkan pengurus Persiba memberikan respon positif, tawaran Bupati Penajam Paser Utara (PPU), H.  Yusran Aspar belum lama ini yang mempersilakan Persiba memanfaatkan Stadion Benuo Taka Penajam sebagai kandang sementara (Home Base).

“Harap diingat, bahwa keberadaan klub itu kan untuk hiburan masyarakat setempat, jadi tidak pas bila mainnya justru malah jauh dari publik pendukungnya,” kata Ketua Harian Eksternal Balikpapan Balistik, Dwi Patmojo di Balikpapan, belum lama ini.

Karena itu Patmojo sangat mendukung bila Persiba bermain di Stadion Benuo Taka, daripada bermain di Samarinda atau Tenggarong. Stadion ini jaraknya tak sampai 20 km dari Balikpapan meskipun harus menyeberang Teluk Balikpapan ke selatan.

Persiba akan kehilangan Stadion Parikesit pada musim kompetisi 2017 mendatang. Stadion bersejarah ini akan dibongkar sebab terkena proyek perluasan kilang Pertamina Unit Pengolahan V. Stadion itu sendiri memang berada di lingkungan Komplek Perumahan Pertamina (Komperta), dan sesungguhnya di awal keberadaannya di tahun 1956 hanya untuk fasilitas olahraga para karyawan Pertamina.

Sebab itu, pengurus mencari kandang sementara. Muncul pilihan stadion-stadion di Samarinda, Tenggarong, bahkan hingga Stadion Sultan Agung di Yogyakarta. Menurut Sekretaris Umum Persiba Irfan Taufik, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi stadion dan kota tempat stadion itu agar bisa menjadi tuan rumah pertandingan kompetisi nasional seperti ISC.

“Nah kita kan belum tahu. Makanya dalam waktu dekat kita akan berkunjung ke sana (Penajam),” kata Irfan.

Syarat-syarat itu, antara lain lampu stadion harus mencapai derajat terang hingga 1.300 lux, juga harus ada fasilitas penunjangnya seperti hotel. “Minimal harus ada tiga hotel, karena tuan rumah, tim tamu, dan perangkat pertandingan seperti wasit dan hakim garis tidak boleh tinggal di hotel yang sama,” ujarnya.

Jika Stadion Benuo Taka memenuhi syarat, sangat mungkin Persiba menggunakan Stadion Benuo Taka untuk sementara sambil menunggu Stadion Batakan selesai,” kata Irfan Taufik.

Stadion Batakan adalah sebutan sementara atas stadion yang belum selesai dan terus dikebut pembangunannya. Kelak selesai nanti, daya tampungnya adalah 40.000 penonton. Kemegahannya juga dibandingan.

“Tiket nonton Persiba bisa ditekan hingga murah banget,” kata Ramadan, suporter dari Kampung Baru. (Humas6/NK1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top