HEADLINE

Perubahan Cuaca Pengaruhi Kesehatan Masyarakat

dr.  Eka Wardhana

Newskaltim.com,PENAJAM – Perubahan cuaca yang terjadi belakangan ini sangat mempengaruhi kesehatan, khususnya kondisi cuaca yang terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). dimana banyak masyarakat menderita penyakit yang kerap timbul saat musim seperti ini.

Kasi Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan PPU, dr.  Eka Wardhana, kepada NK,  Selasa, (4/10/2016) mengatakan, perubahan cuaca di PPU sangat baerpengaruh terhadap kesehatan. Menurutnya, dengan perubahan iklim seperti ini, penyalit yang paling banyak ditakuti adalah ispa dan diare.

Namun diakuinya, Monitoring dari puskesmas terkait menjaga kesehatan individu masih terus berjalan sebagai upaya antisipasi.

“Kalau demam berdarah menurun, karena tiap puskesmas sudah menjalankan program 3 M,”ujarnya beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, kasus tersebut sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir ini karena sudah terlihat mulai meningkat untuk kasus penderita ispa. Eka menjelaskan, dari 11 puskesmas di PPU terdapat sekitar 500 penderita atau mengalami meningkat sekitar 5 persen.

Dari jumlah Penderita tersebut terbannyak sih untuk pasein berusia 14 tahun keatas,”jelasnya.

Ditambahkan, Gejalanya penyakit ispa tersebut dikarenakan daya tahan tubuh menurun karena faktor cuaca yang buruk diikuti dengan pola hidup yang kurang baik.

“Yang terpenting menjaga pola hidup sehat aja,”tuturnya.(NK3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top