Tak Kenal Lelah, Babinsa di Sepaku Aktif Bantu Petani Panen Padi

Babinsa Desa Wonosari, Serda Samsul Anwar saat membantu kelompok tani memanen sawah

PENAJAM(NK) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0913-04/Sepaku Kodim 0913/PPU Serda Samsul Anwar mendampingi petani panen padi sawah bersama ketua kelompok tani Sido Makmur Wandi di RT. 01 Dusun 1 Desa Wonosari Kecamatan Sepaku. Senin, (05/03/2018).

Dalam proses panen padi tersebut Babinsa Koramil 04/Sepaku dan PPL Desa Wonosari Kecamatan Sepaku serta para petani tampak semangat saat memanen padi seluas satu hektare tersebut.

Babinsa Desa Wonosari, Serda Samsul Anwar mengatakan, dirinya tidak mengenal lelah walaupun bergelut dengan lumpur dan gatal-gatal terasa di badan, karena menurutnya tugas sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, terlebih dalam kegiatan panen padi saat ini.

Danramil 0913-04/Sepaku Kapten Inf Priyanto memerintahkan anggota Babinsanya untuk mendampingi kelompok tani di Desa masing-masing,”ungkapnya.

Sementara itu, Danramil 0913-04/Sepaku, Kapten Inf. Priyanto mengatakan, dalam mensukseskan program Swasembada pangan yang telah diprogramkan oleh Pemerintah, TNI Angkatan Darat memerintahkan para Babinsa supaya selalu terjun kelapangan dan selalu berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya dalam mendukung program pertanian.

“Turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panennya,”ujarnya.

Terpisah, Ketua kelompok tani Sido Makmur, Wandi menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa dan PPL yang mendampingi kelompok taninya secara penuh sejak memilih bibit, menanam, memupuk sampai masa panen saat ini.

Lanjutnya, dengan adanya pendampingan dari Babinsa juga PPL, dalam kegiatan Upaya khusus (Upsus) bagi petani khususnya di kelompok tani miliknya, sehingga semakin bersemangat sehingga hasil panen dibanding sebelumnya dan panen kali ini lebih meningkat, Lahan seluas 1 hektare yang ditanami padi jenis cherang dengan hasil panen gabah sebanyak 80 karung.

“Semua yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara teknis oleh Babinsa maupun PPL,”pungkasnya.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.