HEADLINE

Ternyata, Musim Hujan Waktu Yang Pas Buat Mancing

Suasana Para Pemancing sedang asyik memancing dan menunggu tangkapannya

PENAJAM(NK)- Musim hujan terkadang membuat sebagian para pemancing malas untuk mancing, Pasalnya selain resiko kencangnya angin dan derasnya ombak laut bahkan harus basah-basahan. Kondisi tersebut tentunya tidak berlaku bagi para penggila mancing, seperti sebagian penggila mincing mania di Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Salah satu pemancing asal Waru, Erwan mengatakan, musim kemarau sudah mulai berlalu berganti dengan musim penghujan. Namun, sebenarnya musim hujan adalah saat yang tepat bagi pemancing untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari pada musim sebelumnya. Dijelaskannya, lokasi yang biasanya di jadikan sport strike ikan terletak di Muara Telake Longkali, namun nelayan dan para pemancing sering menyebutnya Gras Batu Bara.

Adanya rumah ikan buatan nelayan (Rumpon) juga sangat membantu berkumpulnya ikan-ikan disekitar rumpon di muara telake ini, kami pun tidak memancing  di setiap rumpon-rumpon nelayan,  hanya rumpon  tertentu yang sifatnya umum untuk dipancingin,”ujanya.

Ditambahkannya, pada saat di lokasi pemancingan, tidak hanya dirinya saja yang melakukan aktivitas memancing, melainkan biasanya terdapat puluhan kapal pemancing yang sedang melakukan aktivitas yang sama yakni memancing. Oleh karena itu, dirinya berharap memancing ini selain menjadi hobby, juga dapat  mempererat tali silaturahmi dan persatuan sesama penghobi mancing sehingga dapat membentuk suatu wadah pemancing di PPU.

“Hal yang menarik yang kami lihat pada saat berada di sport pemacingan di laut, ada sekitar puluhan kapal para pemancing yang berbondong-bondong memacing ikan juga, tentu ini menjadi hal pemicu semangat kami antara sesama pemacing,”jelasnya kepada NewsKaltim.com.

Berikut adalah tekhnik memancing yang biasa di lakukan meliputi ;

  1. Tekhnik Memancing Tradisional
  • Pancing lempar (Headline) adalah Cara sederhana yang sering masyarakat lakukan dengan hanya menggunakan senar dan pancing. Biasanya untuk jenis ikan dasar laut seperti, ikan kakap, krapu, dan jenis ikan bagian dasar laut.
  • Rinta (merinta) adalah Cara memancing yang masyarakat sering gunakan adalah merinta. Menggunakan banyak mata kail dari 13-25 dalam satu pancing, dengan dilengkapi umpan buatan dari kait sutra disetiap kailnya.
  1. Tekhnik Modern
  • Menggunakan piranti joran dan reel, bisa digunakan untuk memancing ikan dasar laut maupun mengocer ikan pelagis seperti, tergantung selera joki pemancing dan jenis ikan yang biasa di deapat seperti ikan tongkol, tenggiri, dan ikan marlin.(Red/Kanda)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top