ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Tingkat Kesadaran Masyarakat, DLH PPU Luncurkan Serbu GASS dan Layanan SETIA

PENAJAM (NK) – Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat terhadap pengurangan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (18/8/2020) di di Workshop TPS 3R DLH Kabupaten PPU, Penajam, menggelar pelucuran kegiatan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP)  dirangkai peringatan HUT ke-75 RI.

Kali ini DLH Kabupaten PPU meluncurkan (launching) Program Serbu GASS (Seratus Bank Sampah Unit dan Gerakan Sedekah Sampah) dan Layanan SETIA (Sedot Tinja) Gratis untuk 50 unit septic tank/rumah yang ada di Kabupaten PPU ini. Kegiatan peluncuran (launching) ini dilakukan oleh Plh. Sekretaris Kabupaten PPU Ahmad didampingi Kepala DLH Kabupaten PPU Tita Deritayati dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Pada kesempatan ini, Kepala DLH Tita Deritayati menyampaikan Program Serbu GASS bertujuan mengajak masyarakat untuk mengelola sampah melalui bank sampah agar lebih meningkatkan kebersihan lingkungan disekitar masyarakat terutama lingkungana PPU tercinta ini.

Tita pun menambahkan, sedangkan untuk Layanan SETIA ini agar bisa membantu dan memberikan manfaat kepada masyarakat PPU dan juga program ini harus tetap berlanjut untuk masyarakat sekitarnya.

“ Program-program ini untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dengan terbentuknya bank-bank sampah disetiap Kelurahan/Desa yang ada di Kabupaten PPU dan semoga menjadi sebuah inovasi daerah kita untuk bisa tetap mendapatkan/mempertahankan Piala ADIPURA,” ujar Tita.

Dikesempatan yang sama, Plh. Sekda PPU Ahmad turut mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan peluncuran (launching) ini, karena sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga masyarakat PPU sebagai wujud kepedulian dalam menjaga kenyamanan dan kelestarian lingkungan dari masalah sampah.

“ Langkah seperti inilah yang kami harapkan dapat turut dilakukan oleh komponen masyarakat dalam menjaga lingkungan untuk PPU, mengingat sampah menjadi permasalahan yang cukup krusial dan tentunya akan lebih efektif jika penyelesaiannya tidak hanya diupayakan oleh Pemerintah saja, namun juga melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ungkap Ahmad.

Plh. Sekda pun mengharapkan, untuk menyelesaikan permasalahan seperti ini pemerintah juga harus mempunyai sistem manajemen persampahan berbasis masyarakat yang mana harus terus dikembangkan serta dapat dimulai dari pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga yang ada di Kabupaten PPU.

“ Saya mendukung dari semua pihak beserta seluruh SKPD terkait dapat menjadi contoh dan memaksimalkan program SERBU GASS dan Layanan SETIA, agar program tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten PPU juga demi terwujudnya PPU yang Maju, Modern dan Religius,” harap Ahmad

Dipenghujung kegiatan tersebut, Plh. Sekda menyerahkan secara simbolis Kartu Layanan Setia kepada perwakilan warga RT 22, 23, dan 24 Kelurahan Penajam, juga pemberian penghargaan Piagam Kepada PHKT dan Bankaltimtara. (nav/nk)

Berita Popular

To Top