Tingkat Wasbang dan Bela Negara, Dan SSK Jadi Irup di SMA ITCI


Warga Wajib Dalam Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara

PENAJAM (NK) – Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 Kodim 0813/ Penajam Paser Utara (PPU) juga menjabat sebagai Danramil 0913-04/Sepaku,  Kapten Inf Priyanto, Senin (04/03/2019) menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendera di SMP dan SMA ITCI PPU, Kecamatan Sepaku sebagai upaya memberikan motivasi bagi seluruh siswa dalam mengikuti pendidikan serta meningkatkan wawasan kebangsaan dan  Bela Negara di lingkungan sekolah.

Kegiatan upacara yang digelar di lapangan SMA ITCI PPU tersebut, dihadiri para Babinsa Koramil 0913-04/Sepaku,  Kepala Sekolah SMA ITCI, Sumarno, para guru  staf sekolah serta ratusan siswa-siswi SMP dan SMA ITCI PPU.

Pada kesempatan itu, Kapten Inf Priyanto saat  membacakan amanat Dandim 0913/PPU, Letkol Inf, Mahmud, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah merupakan bagian dari program kerja  Kodim 0913/PPU, dimana dilaksanakan secara bergilir disekolah-sekolah yang ada di wilayah PPU.

Untuk diketahui seluruh siswa dan pengajar serta peserta upacara sekalian, di dalam UUD 1945 Pasal 30 ayat 1 menegaskan, bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,”tegasnya.

Ia menjelaskan, maksud dari pasal 30 ayat 1 UUD 1945 disini menjelaskan bahwa setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama yaitu hak untuk ikut serta dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. Yang berarti warga negara diharuskan supaya bisa turut serta dalam usaha mempertahanan negara dari gangguan ancaman baik itu dari luar maupun dari dalam negeri.

“Oleh karena itu, pelaksanaan upacara bendera sangat penting, karena merupakan wujud penghargaan kita kepada pahlawan yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaaan Republik Indonesia dan juga sebagai wujud bela negara,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.